Sabtu , 27 Februari 2021

Mantap, Kini Mahasiswa Unilak bisa Mengikuti PMMB di BUMN

Kepala Pusat Pengambangan Karir dan Kewirausahan Unilak, Nabella SH.MH.

Riaupintar.id — Mahasiswa Univeraitas Lancang Kuning (Unilak) berkesempatan melaksanakan magang di 146 BUMN dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang dibuat oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), hal itu bagian merealisasikan MoU yang dilaksanakan FHCI dengan 300 Perguruan tinggi se Indonesia dimana Unilak salah satunya.

FHCI merupakan wadah bagi para manajemen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar dapat saling berinteraksi dan bekerjasama.

Menurut Kepala Pusat Pengambangan Karir dan Kewirausahan Unilak, Nabella SH.MH, Senin 8 Februari 2021, Unilak berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu, keterampilan, pengalaman dan kualitas terhadap mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan sumber daya manusia yang unggul dalam menghadapi persaingan global antara dunia industri.

“Ini bentuk realisasi kerjasama yang di tandatangani oleh pak Rektor di Jakarta tahun lalu,” ujarnya.

Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa Unilak  yaitu, pengalaman kerja, keterampilan,uang saku, sertifkat, dan lain lain. Ada 2000 posisi yang tersedia di hapmpir 150 perusahaan BUMN. Jadi saat ini P2K2 Unilak tengah mengumpulkan dan akan melakukan seleksi, Ujar Nabella yang juga dosen Fakultas Hukum Unilak ini.

Beberapa persyaratan umum yaitu ; Mahasiswa D2/D3/D4/S1/S2; Laki-laki/Perempuan; IPK Minimal 2.75; Sehat Jasmani dan Rohani; Tidak Menuntut untuk menjadi Pegawai Tetap (Non Pre-Recruitment); Bersedia Melaksanakan Kegiatan Magang di Perusahaan selama minimal 6 bulan.

Persyaratan khusus yaitu ; Lulus Seleksi dari Perguruan Tinggi; Disarankan Perguruan Tinggi ;Pakta Integritas (Surat Perjanjian Bersedia Magang Selama 6 Bulan) yang didapatkan melalui Perguruan Tinggi; CV (Curriculum Vitae); Transkrip Nilai; SKCK atau Surat Kelakuan Baik yang Dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi; SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) optional; Minimal semester 7 (S1) dan semester 5 (D3), namun mahasiswa semester 5 (S1) dan semester 3 (D3) bisa mendaftar dengan syarat mampu berkomitmen menjalani magang selama 6 bulan full time.

Nabella menambahkan, magang bersertifikat ini merupakan agenda tahap I di tahun 2021, yang nantinya mahasiswa akan magang selama 6 bulan di perusahaan BUMN.

“Peserta magang, selain mendapatkan sertifikat industri dan atau kompetensi, juga mendapatkan uang saku sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Safari Akademik ke Pemkab Kepulauan Meranti, ini yang Ingin Dicapai PPS UIR

Riaupintar.id — Melanjutkan kegiatan Safari Akademik ke daerah-daerah, Program Pascasarjana (PPS) Universitas Islam Riau (UIR) …