Jumat , 27 November 2020

Mantap, Unilak Raih Anugerah KI Award untuk Ketiga Kalinya

Riaupintar.id — Untuk ketiga kalinya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) kembali meraih anugerah Komisi Informasi (KI) Award 2020 yang diselenggarakan oleh KI Riau sebagai pemeringkatan dan penganugerahan badan publik se-Provinsi Riau, penyerahan penghargaan dilakukan dalam malam puncak di hotel Grand Central Pekanbaru.

Penghargaan untuk Unilak langsung diterima oleh rektor Unilak Dr Junaidi. SS.M.Hum, yang diserahkan langsung oleh komisioner Johny S Mundung.

Pencapaian ini merupakan ketiga kalinya Unilak menerima penghargaan setelah sebelumnya di tahun 2019, dan 2017.

Pada malam puncak anugerah ini Unilak menerima penghargaan untuk kategori perguruan tinggi di Riau dengan hasil menuju informatif dengan nilai 87. Unilak menjadi satu satunya Universitas swasta yang mendapatkan penghargaan. Selain Unilak untuk perguruan tinggi juga di raih oleh Poltekes Negeri dan Unri. Dalam penganugerahan ini turut hadir kepala bagian media promosi Unilak. Muammar Revnu O’Hara. S.Kom.M.Kom

Rektor Unilak Junaidi usai menerima penghargaan mengaku bangga dan senang. Unilak ketiga kalinya meraih penghargaan ini. Kami bangga, peroleh anugerah ini. Ini bermakna Unilak memiliki komitmen memberikan kepada keterbukaan informasi publik.

“Kita apresiasi komisi informasi Riau yang setiap tahun rutin melakukan monitoring, evaluasi dan memberikan anugerah kepada institusi yang dipandang memiliki komitmen dalam menyebarkan informasi publik,” kata Junaidi.

Gubernur Riau dalam sambutannya menyebutkan, keterbukaan informasi begitu penting untuk mendorong akutanbilitas, tranparansi. Masyarakat berhak mendapatkan keterbukaan informasi publik sebagai mana amanah undang-undang. Dan badan publik diwajibkan melayani dan mempublikasikan dengan
Atau tanpa diminta.

Sementara, Ketua KI Riau, Zufra Irwan. SE menyampaikan bahwa KI Award menjadi agenda rutin yang diselenggarakan oleh KI Riau untuk memberikan penghargaan kepada Pejabat Pengelola Informasi (PPID) yang aktif melaksanakan keterbukaan informasi publik.

“Tema yang diangkat tahun ini menuju budaya kerja aparatur yang transparan dalam mewujudkan informasi berbasis teknologi di Provinsi Riau,” katanya.

Zufra Irwan menerangkan, masing-masing kategori memiliki klaster penilaian meliputi cukup informatif, menuju informatif dan informatif, tergantung akumulasi nilainya. Ia menambahkan, proses penilaian badan publik ini telah dilaksanakan sejak Juli lalu yang diawali dengan penyerahan daftar kuesioner Self-Assessment Questionnaire (SAQ) kepada seluruh badan publik, disusul kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), visitasi hingga pleno pemeringkatan yang dilakukan para komisioner KI Riau.

“Tertinggi klaster informatif dan terendah cukup informatif,” ujarnya.

Di malam anugerah Ki 2020 juga memberikan penghargaan untuk Lima kategori, dan ada penghargaan khusus yang diberikan kepada juru bicara satgasus Covid 19 dr. Indra Yovi. (rls)

Baca Juga

Besok, Pascasarjana Unilak Gelar Yudisium XI, Terapkan Prokes Ketat

Riaupintar.id – Akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat, besok, Selasa 24 Nopember 2020, Pascasrajana …