Minggu , 19 September 2021

Melihat Semangat Kawan Kawan Disabilitas Ikut Vaksinasi di Unilak

Riaupintar.id — Ratusan peserta yang terdiri dari masyarakat umum, pegawai, dosen, penyandang disabilitas dan Mahasiswa pada Selasa 10 Agustus 2021 kemarin ikut mensukseskan pelaksanaan Vaksinasi di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Sejak pagi jam 7.30 peserta telah hadir untuk mengambil formulir isian data vaksinasi. Diantara keramaian peserta yang duduk di tenda antrian, turut hadir kawan kawan penyandang disabilitas, pagi itu ada 7 orang yang telah hadir sejak pagi. Satu diantaranya bernama Muhammad Syahmin Siregar (tunanetra) berusia lebih 47 th .

Panitia lokal/Unilak telah mempersiapkan kursi khusus bagi peserta vaksin bagi penyandang Disabilitas, letaknya berada paling depan, dan Unilak menempatkan petugas khusus untuk melayani, kursi roda pun telah disiapkan.

Dengan menggunakan peci, masker berwarna biru dan kemeja batik, Muhammad Syhamin Siregar tampak sabar menunggu antrian untuk di panggil.

Saat namanya dipanggil oleh pembawa acara, Muhammad yang telah hadir sejak pagi bergegas melakukan pemeriksaan tubuh, usai lolos dari Secrening dari meja pendaftaran dilanjutkan masuk ke ruang vaksinasi, disini ruangan terasa nyaman dan bersih.

Tak berapa lama di meja isian data diri ia langsung bergegas ke meja pelaksanaan suntikan, dalam beberapa detik jarum suntik itu menembus kulitnya, ia sempat berbincang dengan nakes beberapa saat.

Muhammad saat ditemui mengatakan hari ini ia mengikuti vaksinasi ke dua. “Vaksin pertama telah dilakukan di mesjid raya Pekanbaru, Mei lalu, sampai saat ini belum ada kendala dan sehat sehat,” kata Dia.

“Terima kasih kepada pihak pemerintah dan penyelenggara (Unilak)semoga kita semua sehat selalu, mudah mudahan sama doanya sama harapannya Covid cepat berlalu semoga sehat sehat yang kedua ini, dan tadi dapat paket sembako, terima kasih,”lanjutnya

Sementara, Rektor Unilak Dr. Junaidi mengatakan pelaksanaan vaksinasi di hari Selasa berjalan lancar, “Kemarin ada 35 kawan-kawan disabilitas yang hadir ikut vaksinasi, vaksinasi di Unilak dalam rangka membantu percepatan vaksinasi di provinsi Riau, pegawai dan mahasiswa yang bertugas bekerja iklas dan ikhtiar membantu masyarakat karena ini adalah misi kemanusiaan, bahkan di tanggal merah (Rabu) pun, pegawai mahasiswa dan nakes tetap membantu masyarakat yang ingin vaksin,” kata Rektor.

Pelaksanaan vaksinasi di Unilak mendapatkan apresiasi dari Wakapolri Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, saat berkunjung ke Unilak orang nomor dua di tubuh Polri ini berdialog dan berdiskusi dengan nakes.

“Terimakasih kepada Unilak dan jajarannya, melaksanakan vaksinasi, terlebih lagi juga melibatkan saudara saudara saudara disabilitas ini tentunya sesuai hal yang baik yang dilakukan Unilak, memutus mata rantai Covid 19 tidak bisa dilakukan sendiri, tapi harus sinergi, kolaborasi, kerjasama itulah yang bisa memutus mata rantai covid 19, di Riau pak rektor bersama dengan mahasiswa turut berperan serta, kita apresiasi kepada pak rektor dan adek -adek mahasiswa, ini tidak lepas dari peran forkopimda Riau,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Milad ke-59 UIR, Rektor Ziarahi Makam Pendiri

Riaupintar.id — Milad ke-59 Tahun 2021 Universitas Islam Riau dimeriahkan dengan berbagai kegiatan internal. Hari …