Rabu , 30 September 2020

Meriahkan Hari Pramuka ke-58, Kwaran Gerakan Pramuka Ujung Batu Gelar Lomba Pawai Obor

Kegiatan berbagai lomba pada peringatan Hari Pramuka ke-58 yang jatuh pada Rabu 14 Agustus 2019, yang dilaksankaan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan

Riaupintar.id — Bersenpena peringati Hari Pramuka ke-58 yang jatuh pada Rabu 14 Agustus 2019, Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), gelar Lomba Pawai Obor.‎

Kegiatan Lomba Pawai Obor memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 diikuti sekitar 450 anggota Pramuka tingkat Penggalang di Kwarran Ujung Batu tersebut menjadi tontonan masyarakat.

Peserta pawai dilepas Ketua Mabiran Ujung Batu Arie Gunadi SSTP, dari halaman Kantor Camat Ujung Batu ke Bundaran SMA Negeri 1 Ujung Batu, dan kembali finish ke tempat semula.

Dilomba Pawai Obor turut dihadiri Majelis Pembina (Mabi) Kwarran Pramuka Ujung Batu, seperti Danramil 08 Ujung Batu Kapten Inf Syaiful Arif, perwakilan Kapolsek Ujung Batu, Ketua LKA Datuk Bandaro Dahnil Malik MSi, para pengurus Mabigus Ujung Batu, dan lainnya.

Abdul Maza, Ketua Panitia mengakue, selain Lomba Pawai Obor, dalam memperingati Hari Pramuka ke-58 juga beberapa lomba, seperti Pramuka Siaga dan Lomba Paduan Suara yang digelar pada Selasa 13 Agustus 2019

“Pada Selasa malam baru dilaksanakan Lomba Pawai Obor dengan jumlah peserta sekitar 450 orang, diikuti adik-adik Pramuka Penggalang,” jelas Abdul Maza yang juga Wakil Ketua I Kwarran Ujung Batu.‎

Kemudian, selain berbagai lomba, sambung Maza, pada puncak peringatan Hari Pramuka ke-58, Rabu 14 Agustus 2019 pagi, digelar apel besar di halaman Kantor Camat Ujung Batu, dipimpin Kamabiran Arie Gunadi yang juga Camat Ujung Batu.‎

Usai apel besar, jelas Abdil Maza, Kwarran Ujung Batu juga menggelar latihan keterampilan baris‎ berbaris (LKBB), tarik tambah antar pengurus ranting versus Upika atau Mabi, serta pembina versus panitia.

Ungkap Maza, berbagai lomba memeriahkan Hari Pramuka merupakan agenda tahunan Kwarran Gerakan Pramuka Ujung Batu. Selain itu, pengurus bersama Mabi dan pengurus Ormas juga melaksanakan bakti sosial.‎

“Tahun lalu (2018), bakti sosial difokuskan membersihkan makam. Dan pada tahun ini kami membersihkan masjid terdekat dengan lokasi acara,” ujarnya.

Dirinya Berharap, dari berbagai lomba dan kegiatan di peringatan Hari Pramuka ke-58 dapat menumbuhkan semangat Pramuka terhadap anggota Pramuka di Kwarran Ujung Batu, menumbuhkan sikap disiplin dan karakter, serta menciptakan akhlak mulia dan terarah.

“Kita memiliki prinsif, kalau anak didik memakai seragam Pramuka harus bisa menjaga sikap, termasuk perkataan dan perbuatan yang mencerminkan bagaimana Pramuka yang sejati,” harapnya.

Informasi Ketua Mabigus Ujung Batu Arie Gunadi, mengucapkan terima kasih kepada anggota Pramuka di Kwarran dan Mabigus Ujung Batu, karena telah ikut berpartisipasi memeriahkan Hari Pramuka ke-58 tingkat Ranting Ujung Batu.

“Kita berharap momen peringatan Hari Pramuka ini menumbuhkan semangat kebersamaan kawan-kawan di Pramuka ranting dan adik yang ada di Ranting Ujung Batu,” ucap Arie Gunadi, yang juga pernah menjabat Camat Rambah. (lim)