Selasa , 17 Mei 2022

Milad ke 65 YLPI Riau Diakhiri dengan Tabur Bunga Dimakam Pendiri

Riaupintar.id — Puncak perayaan Milad ke 65 tahun Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau diakhiri dengan tabur bunga dimakam pendiri YLPI Riau.

Sebelum tabur bunga di makam yang berada satu komplek dengan areal Mesjid Al Munawarah, juga digelar tausiyah dan pemotongan tumpeng nasi kuning di Mesjid Al Munawarah.

Hadir dalam puncak perayaan Milad ke 65 tahun Gubernur Riau diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Kapolda Riau diwakili Kabid Kum Polda Riau Kombes Dr Endang Usman SH MA, Ketua Dewan Pembina YLPI Riau Imam Ghazali SH MH, Ketua Dewan Pengawas YLPI, Ketua Umum YLPI Riau Dr H Nurman MSi, Rektor UIR Prof Syafrinaldi, Wakil Rektor I, II dan III, para dekan, kepala sekolah, mahasiswa dan pelajar.

Makam yang diberi taburan bunga adalah makam H Zaini Kunin dan Istri, H Rawi Kunin, H Hasbullah Zaini, dan H Ramli Zein.

Ketua Umum YLPI Riau Dr H Nurman MSI mengatakan, Milad ke 65 tahun YLPI Riau telah banyak berbuat untuk kemaslahatan umat baik dari bidang pendidikan dan sosial. Jasa para pejuang dan pendiri YLPI Riau harus selalu dikenang dan diingat jangan sampai penerus generasi YLPI sekarang melupakan jasa dan pengorbanan para pendiri YLPI Riau.

“Apa yang dirasakan dan diperoleh hari ini merupakan jerih payah para pendiri YLPI Riau. Oleh karena itu, jangan kita lupakan jasa dan pengorbanan para pendiri YLPI Riau,” kata Nurman, usai tabur bunga di makan pendiri YLPI Riau, Rabu 30 Maret 2022.

Dikatakan Nurman, rangkaian kegiatan Milad ke 65 tahun YLPI Riau diantaranya dengan mengelar berbagai perlombaan bernuansa islam tingkat pelajar dan mahasiswa. Selain itu juga ada pemberian santunan dan pengobatan gratis untuk para muallaf di Desa Merangin Kampar. Silaturrahmi dengan pensiunan dan terakhir tausiyah dan tabur bunga ke makam pendiri YLPI Riau.

“Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan sempena Milad ke 65 tahun YLPI Riau berjalan aman dan sukses. Rangkaian diakhiri dengan tabur bunga ke makam para pendiri YLPI Riau,” kata Nurman.

Masrul Kasmy mewakili Gubernur Riau mengatakan, YLPI Riau telah banyak berkontribusi dalam mendidik anak Riau sehingga akan lahir pemimpin yang berakhlak baik.

“Saya mewakili pemerintah Provinsi Riau mengucapkan tahniah kepada YLPI Riau semoga di usia ke 65 tahun terus eksis dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya di Riau,” ujar Masrul Kasmy.

Ketua Dewan Pembina YLPI Riau Imam Ghazali mengingatkan walaupun para pendiri YLPI telah tiada, tapi pemikiran pemikiran para pendiri YLPI tidak boleh dilupakan. Ini yang harus diingat oleh generasi YLPI sekarang ini. Setelah berfikir, generasi YLPI harus selalu bersyukur.

“Dua hal ini harus terus dilakukan sampaikan kapanpun. Pemikiran para pendiri tidak boleh dilupakan dan kita selalu bersyukur apa yang telah dilakukan iakukan oleh para pendiri YLPIB terdahulunya,” kata Imam Ghazali.

Hal yang sama juga dikatakan oleh anak pendiri YLPI Riau H Zaini Kunin, yakni Ir H Abdul Kudus Zaini MT MS, yang meminta untuk selalu menjaga marwah, perjuangan para pendiri tanpa henti. Yayasan ini sudah berdiri untuk membantu mewujudkan generasi masa depan yang penuh dengan iman dan ketaqwaan.

“Jadi perjuangan para pendiri ini dengan cara membesarkan YLPI Ini supaya tetap maju dan berkembang,” kata Abdul Kudus yang juga menjabat Sekretaris Dewan Pembina YLPI Riau.

Sementara, Rektor UIR Prof Syafrinaldi menyampaikan diusia ke 65 tahun, UIR yang berada dibawah naungan YLPI Riau mendoakan agar YLPI menjadi lembaga pendidikan yang maju, gemilang terbilang dan cemerlang.

“Semua usaha yang menjadi visi misi YLPI Riau perlu kerja keras semua pihak dan unit unit usaha agar apa yang menjadi visi misi YLPI Riau bisa terwujud,” ungkapnya. (rls)