Minggu , 19 September 2021

Pascasarjana Unilak Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Direktur Pasca Sarjana Unilak, Prof Dr Syafrani

Riaupintar.id — Pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan peserta mahasiswa Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat 14 Agustus tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan ini dibuka Direktur Pascasarjana Prof.Dr.Syafrani.

Pelaksanaan berlangsung selama empat hari 13-14 Agustus dan 20-21 Agustus 2021, dengan menghadirkan narasumber yaitu Ro’Fah Setyowati SH. M. Hum. Ph. D, dosen Universitas Diponegoro Semarang, dari Pascasarjana Unilak Muhammad Rasyid Abdillah. Ph. D, Dr. Yeni Triana. SH. MH, Dr. Adi Rahmat SE. MM, Dr. Ardiansah. SH. M. Ag.

Berbagai materi penulisan diangkat diantarannya bagaimana strategi publikasi artikel ilmiah di Jurnal internasional, teknik penulisan artikel untuk Jurnal nasional. Selain itu selama pelatihan yang dilakukan secara daring ini, mahasiswa juga akan melakukan presentasi artikel ilmiah dan juga dilakukan klinik draft artikel.

Direktur Pascasarjana Unilak Prof. Dr. Syafrani yang ditemui diruang kerjanya mengatakan pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dalam rangka untuk meningkatkan kualitas mahasiswa khususnya menulis artikel.

“Setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir diwajibkan membuat artikel untuk dipublikasikan ke jurnal-jurnal terakreditasi dan ini merupakan syarat. Pelaksanaan pelatihan ini sudah angkatan kedua, dan diwajibkan kepada mahasiswa yang telah masuk pada pelaksanaan tugas akhir mereka,” ujarnya.

“Mereka (mahasiswa) kita coba memberikan kontribusi prestasi kepada Pascasarjana Unilak, kita datangkan beberapa narasumber, satu narasumber nasional dan 4 narasumber dari Pascasarjana Unilak, ini apa artinya apa? Setelah nanti narasumber utama memberikan materi utama, maka peserta akan dibimbing oleh empat narasumber internal, sehingga mahasiswa berhasil membuat artikel yang akan terbit di jurnal- jurnal,” sambungnya.

Dijelaskan oleh Prof Syafrani, selain sebagai syarat wajib untuk tugas akhir, manfaat lain bagi mahasiswa mengikuti pelatihan penulisan yaitu mahasiswa bisa menulis artikel/ opini dan bisa diterbitkan di media cetak dan media online. Selain itu semakin banyaknya publikasi artikel mahasiswa di Jurnal terakreditasi maka akan semakin di kenal Pascasarjana Unilak.

“Mahasiswa mampu memberikan karya yang bisa masuk ke jurnal, dan daya saing bagus. Kita punya visi untuk menjadi universitas unggul, dan salah satu indikator adalah mahasiswa mampu mempublikasikan ke jurnal dan bermanfaat bagi masyarakat umum,”pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Doktor Jupendri Motivasi Warga Sialang Jaya, Sekolahkan Anaknya di Pesantren

Riaupintar.id — Dosen Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr. Jupendri, S.Sos, M.Ikom Kamis 19 Agustus 2021 …