Minggu , 19 September 2021

Pekuatan VISI Sngat Penting Pada Mahasiswa Unri

Riaupintar.id — Pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Riau (UNRI) Tahun Ajaran 2021/ 2022 secara virtual, Senin 9 Agustus 2021, Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan pentingnya sebuah VISI dalam diri masing-masing mahasiswa, melalui VISI akan lahir inovasi-inovasi serta manfaat dari keberadaan mahasiswa dalam menimba ilmu di Universitas Riau ini.

“Kegiatan PKKMB ini merupakan hari pertama bagi mahasiswa baru UNRI untuk mengenal dan berinteraksi dengan almamaternya. Almamater dalam kontek universitas, memiliki arti sebagai perguruan tinggi tempat mahasiswa belajar dan menyelesaikan pendidikannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rektor, menyampaikan UNRI memberikan fasilitas pelayanan yang berkompeten dan bermutu tinggi. Sejak awal tahun 2019 lalu UNRI telah memperoleh predikat akreditasi A dalam pelaksanaan penyelenggaraan pendidikannya. Dari indikator pencapaian akreditasi A ini, mengindikasikan UNRI sebagai universitas yang berkompeten dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam membentuk karakter manusia yang bermutu. Hal ini tentunya sangat sejalan dengan VISI UNRI “Menjadi universitas riset, unggul, bermartabat di bidang sains dan teknologi di kawasan Asia Tenggara Tahun 2035, tutur Guru Besar Perikanan.

“Pentingnya VISI dalam diri mahasiswa adalah bekal yang perlu ditanamkan pada diri mahasiswa UNRI. Karena, kekuatan VISI dapat membawa perubahan yang baik bagi mahasiswa dengan Kekuatan perubahan inilah yang sangat penting harus dimiliki oleh mahasiswa sekalian selama memegang peran dan tanggung jawab sebagai bagian dari UNRI ini,” ujar Aras.

Lebih lanjut, Rektor, menjelaskan pentingnya kekuatan VISI pada diri mahasiswa baru. “Mengenyam bangku Pendidikan Tinggi bukan hanya sekedar menjalani aktifitas dalam menjalani perkuliahan, namun lebih dari pada itu Pendidikan Tinggi adalah cerminan jati diri dalam bersikap, perilaku, dan berfikir sebagai insan bagian dari masyarakat luas, yang memiliki tanggung jawab moral kepada diri sendiri, lingkungan sekitar, masyarakat, bangsa, dan negara,” ucapnya.

Tambahnya, selain adanya faktor pendukung dari dalam diri mahasiswa itu sendiri, juga adanya faktor penunjang dari luar diri mahasiswa itu sendiri, diantaranya peran instansi pemerintah baik vertikal maupun horizontal, peran alumni, peran mitra kerja sama, peran stake holder, serta peran unsur-unsur lainnya yang ada di lingkungan mahasiswa UNRI sendiri.

“Kami selaku pimpinan universitas sangat menyambut baik seluruh pihak atau unsur-unsur yang terlibat dalam kesuksesan kegiatan ini maupun kegiatan Universitas Riau yang tidak dapat kami sebut satu persatu. Kontribusi semua unsur, sangat amat kita perlukan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa seperti yang tertuang dalam “Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang merupakan satu di antara cita-cita dari leluhur bangsa kita ini,” terang Rektor. (rls)

Baca Juga

Milad ke-59 UIR, Rektor Ziarahi Makam Pendiri

Riaupintar.id — Milad ke-59 Tahun 2021 Universitas Islam Riau dimeriahkan dengan berbagai kegiatan internal. Hari …