Jumat , 1 Juli 2022

Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 di Tutup 27 Juni, Segera Mendaftar

Wakil Rektor Bidang Akademik Unri, Prof Dr M Nur Mustafa MPd.

Riaupintar.id – Universitas Riau (UNRI) masih membuka peluang bagi yang berminat untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Peluang ini dapat diraih peserta melalui Jalur Masuk Mandiri melalui pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) 2022, yang telah dibuka dari tanggal 1 April-27 Juni 2022. Sebanyak 25 Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SMMPTN Barat 2022 ini, berada dalam koordinasi Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

“Jumlah peminat masuk UNRI begitu banyak, karenanya kita berusaha untuk memberikan mereka kesempatan dengan jalur yang kita siapkan, yang telah dimulai pada tanggal 1 April-27 Juni 2022 melalui jalur SMMPTN Barat 2022. Sedangkan ujiannya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni-14 Juli 2022 mendatang.” Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Prof Dr M Nur Mustafa MPd, Selasa 21 Juni 2022 kepada wartawan.

Di samping itu, daya tampung UNRI masih terbuka untuk semua fakultas yang ada. M Nur lebih lanjut, menyampaikan bagi yang berminat untuk menfaftar, dapat melihat pada petunjuk teknis calon pendaftar dengan melihat informasi yang sudah disediakan panitia pada website UNRI melalui alamat https://pmb.unri.ac.id, dan https://pendaftaran.smmptnbarat.id.

“Secara lengkap, informasi penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat melalui website UNRI http://unri.ac.id, https://pmb.unri.ac.id, dan https://smmptnbarat.id Pada website tersebut, digambarkan secara jelas mekanisme alur jalur masuk ujian mandiri,” jelas M Nur.

“Oleh karenanya, kesempatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan bagi calon mahasiswa untuk serius dalam mengikuti tes ujian masuk, karena walau bagaimanapun kemampuan dari peserta harus dibuktikan caranya dengan lulus hasil ujian. Metode ujian yang digunakan pada tahun ini sudah mengikuti model UTBK-SBMPTN yaitu Computer Assited Test (CAT). Keuntungan dari ujian CAT ini hasil ujian dapat diketahui dengan cepat karena sistem komputer yang digunakan tersentralisasi dan lebih menjamin kepastian lulusan,” ungkapnya.

“Peserta ujian, maksimal bisa memilih dua Prodi, pada satu PTN atau PTN yang berbeda. Peserta yang mendaftar dan ikut ujian tidak harus pada PTN yang dipilih tetapi boleh di PTN lain dari 25 PTN yang tergabung di dalam SMMPTN Barat 2022. Adapun materi ujian yang akan diberikan kepada peserta antara lain, Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA meliputi Matematika saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi, sedangkan materi ujian Soshum TPS dan TKA meliputi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi,” jelas M Nur.

Terkait jadwal Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 ini, para peserta diharapkan mendaftar pada awal waktu untuk menghindari terjadinya down system karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir serta untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra, ujar M Nur mengingatkan. (rls)

Baca Juga

UNRI Lakukan Pemusnahan Arsip Inaktif

Riaupintar.id — Bertempat di ruangan aula Siak Indrapura Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Universitas Riau …