Jumat , 1 Juli 2022

Perkuat Perekonomian Indonesia Melalui “P2MW”

Riaupintar.id — Mahasiswa merupakan aset bangsa yang potensial untuk di dorong dalam meningkatkan keminatannya, bakat, kreativitas, dan inovasinya dalam bidang wirausaha. Melalui program ini, hendaknya dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa UNRI.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Alumni Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Iwantono MPhill, saat membuka acara Coaching Clinic Proposal Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2022, Kamis 2 Juni 2022 di Hotel Ayola Pekanbaru.

“Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek, berkomitmen untuk mendukung penguatan perekonomian Indonesia mewujudkan Indonesia dengan tingkat ekonomi yang kuat dengan mencetak Sumber daya Manusia (SDM) wirausaha melalui program pengembangan usaha di perguruan tinggi. Melalui program P2MW, dapat mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan program kewirausahaan mereka,” jelasnya.

Karenanya, melalui program ini, mahasiswa dilatih penyusunan proposal program kreativitas mahasiswa serta meningkatkan program kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Selain itu, bagi UNRI juga dapat mendukung tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) UNRI.

“Di mana semakin banyak mahasiswa yang berprestasi di level nasional, IKU UNRI juga akan meningkat,” jelas Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini.

Program P2MW ini dijelaskannya adalah untuk mahasiswa yang telah memiliki usaha agar dikembangkan melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan usaha.

“Melalui PM2W kita dapat mendukung penguatan perekonomian Indonesia dengan mencetak SDM wirausaha,” ujarnya.

Tambahnya, peserta coaching clinic penyusunan Proposal P2MW ini merupakan hasil seleksi dari 40 tim proposal wirausaha mahasiswa yang telah direview. Dipilih 10 proposal terbaik dari 4 kategori yang terisi. Adapun kategori usaha yang termasuk dalam program P2MW adalah kategori makanan dan minuman, produksi atau budidaya, industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata, jasa dan perdagangan, serta teknologi terapan.

Kegiatan Coaching Clinik ini, diisi oleh pemateri Nasional Dr Wahyu Hari Haji S KOM MM Reviewer Nasional Kewirausahaan dan Tim Wirausaha Merdeka. (rls)

Baca Juga

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umri Sukses Gelar Seminar Nasional Ekonomi Bisnis Akutansi 2022

Riaupintar.id — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Selasa 14 Juni 2022 …