Selasa , 24 November 2020

Pertama, Pascasarjana UIR Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

Rektor UIR Prof Syafrinaldi membuka Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Magister yang ditaja Prodi Ilmu Pemerimtahan Pascasarjana UIR.

Riaupintar.id — Mengambil tema, ‘Implikasi Undang Undang tentang Pemerintahan Daerah’, Program Studi Ilmu Pemerintahan Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR) menggelar lomba karya tulis ilmiah Mahasiswa Magister.

Pada saat final, kegiatan yang pertama kalinya digelar tersebut diikuti mahasiswa dari Empat Provinsi. Yakni Riau, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau.

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH MCL mengapresiasi kegiatan yang ditaja Prodi Ilmu Pemerintahan ini. Ia bahkan mengaku terkejut, dan tak menyangka lomba karya tulis ilmiah ini berlangsung di pascasarjana.

Suasana ilmiah, menurut Rektor, harus terus ditumbuh-kembangkan tak semata oleh Prodi Ilmu Pemerintahan tetapi prodi-prodi lain di magister pascasarjana.

”Saya memberi apresiasi kepada Ilmu Pemerintahan apalagi kegiatan ini seiring dengan rencana Universitas Islam Riau sedang mempersiapkan diri mengikuti akreditasi international untuk 18 prodi,” kata Rektor dalam sambutannya membuka Final Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Disampaikan, output lomba ini sangat berfaedah bukan saja bagi mahasiswa tetapi terhadap program studi dan institut. Piagam yang diperoleh mahasiswa dalam perlombaan ini, berikut dengan hadiah lainnya dapat menjadi bahan untuk akreditasi dan dimanfaatkan mahasiswa untuk kepentingan habatan fungsional.

”Difoto atau di scan lalu di upload. Jangan dibiarkan begitu saja apalagi tidak digunakan,” ujar Rektor.

Sementara Ketua Panitia Lomba sekaligus Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Dr H Rahyunir Rauf, menjelaskan, kegiatan ini cukup diminati mahasiswa, bahkan ada mahasiswa di luar Empat Provinsi yang berminat mengikuti lomba.

Melihat animo itu, Rahyunir menyatakan, tahun depan pihaknya berencana memperluas ruang lingkup kegiatan menjadi tingkat nasional. Tahun berikutnya tingkat Asia Tenggara.

”Kami rencanakan pula lomba ini tak semata antarmahasiswa melainkan antardosen. Hal ini didasarkan atas pertimbangan, pelaksanaan lomba karya tulis ilmiah tak terlalu sulit,” kata Rahyunir.

Ia menambahkan, dalam lomba ini peserta selain diminta mempresentasikan karya tulisnya, karya tulis tersebut juga dinilai dewan juri dalam berbagai aspek. Baik materi tulisan maupun teknik penulisannya.

Hadir dalam pembukaan lomba Direktur Pascasarjana UIR Dr Ir Saipul Bahri, Ketua-ketua Program Studi di lingkungan Pascasarjana dan Prof Dr H Yusri Munaf, SH, MHum. (rls)

Baca Juga

Olah Sampah Organik menjadi Pupuk, Dosen Unilak Beri Pelatihan Warga Kelurahan Simpang Baru

Riaupintar.id — Sampah organik yang sering dijumpai seperti daun-daun pohon, serbuk kayu, sampah bekas sayur-sayur …