Minggu , 18 April 2021

Peternak Sapi di Umban Sari Rumbai Mendapat Pelatihan Membuat Kompos dari Dosen Unilak

Riaupintar.id — Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan kompos bagi peternak sapi yang ada disekitar Umban Sari Atas Rumbai Pekanbaru, awal Desember 2020 lalu.

Tim tersebut terdiri dari Azwin, SP, M.Si, Ika Lestari, S.Hut, M.Si dan Enny Insusanty, S.Hut, M.Si memberikan materi tentang cara memanfaatkan kotoran sapi untuk diolah menjadi kompos yang bernilai ekonomi.

Pada kesempatan itu, Azwin SP M.Si, selaku Ketua Tim mengatakan bahwa kotoran sapi yang dihasilkan belum diolah dan dimanfaatkan secara maksimal oleh peternak, sehingga nilai jualnya masih rendah, maka dengan kegiatan ini diharapkan dapat merubah kotoran sapi menjadi kompos sehingga dapat menambah nilai jual dan meningkatkan pendapatan bagi peternak. Pengolahan kotoran sapi menggunakan Bioaktivator sehingga proses pembentukan kompos lebih cepat dibanding tanpa Bioaktivator.

“Peserta pada kegiatan ini adalah 5 kelompok peternak sapi dan para pemuda yang ada disekitar Umban Sari Atas. Para peserta dengan antusias mengikuti kegiatan ini,” jelas Dia.

Pak Martuji salah satu peternak sapi mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian kepada masyarakat Fahutan Unilak yang telah memberikan pengetahuan tentang cara mengolah kotoran sapi menjadi kompos.

Dan mereka berharap setelah kegiatan PkM ini, pengolahan kotoan sapi dapat terus berlanjut ketahap yang lebih besar dan berkesinambungan, karena akhir-akhir ini kebutuhan akan kompos semakin diminati oleh masyarakat untuk memupuk tanaman pertanian maupun tanaman hias.

“Tentu hal ini sangat prospek untuk diproduksi secara massal,” ungkapnya. (ril)

Baca Juga

Dosen Fekon Unilak Adakan Pelatihan Metode Daring Ditengah Pandemi Covid-19

Riaupintar.id — Pandemi Covid-19 telah memberi dampak nyata bagi berbagai sektor, salah satunya adalah dibidang …