Selasa , 17 Mei 2022

Rektor Unilak Dr Junaidi Motivasi Siswa SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru untuk Kuliah

Riaupintar.id — Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru memotivasi siswa kelas XII SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi,¬† Kamis 3 Februari 2022.

Kunjungan Dr Junaidi disambut hangat dan ramah oleh jajaran pimpin sekolah. SMA IT Al-Ittihad berada dibawah naungan Yayasan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI), yayasan ini mengelola sekolah dari berbagai jenjang yakni Sekolah Dasar hingga SMA yang berada dalam satu komplek.

Pada kesempatan itu, Dua institusi bertetangga yang berada di kawasan Rumbai ini juga bersepakat melakukan kerjasama yang dituangkan dalam penandatangan MoU, yang di teken oleh Rektor Unilak Dr Junaidi dengan Kepala Sekolah Hasan Basri SAg MPd dan turut disaksikan Direktur YKPI Ustad Sahyeni SSi MPd.

Dihadapan 68 siswa-siswi kelas XII,
Junaidi motivasi mereka dengan menceritakan pengalamannya kuliah saat menempuh pendidikan dari S1 hingga Doktor.

Dikatakannya, sejak tamat sekolah putuskan jurusan apa yang akan dipilih di perguruan tinggi, pilih jurusan yang disukai, kemudian diskusikan dengan orang tua. Kemudian ukur peluang untuk masuk jurusan yang dipilih, ketika nilai/peluang masuk tidak mencukupi maka segera tentukan pilihan alternatif perguruan tinggi mana yang akan dipilih. Perguruan Tinggi Swasta bisa jadi alternatif, saat ini di Indonesia Perguruan tinggi swasta lebih banyak di bandingkan perguruan tinggi negeri.

“Saat kuliah luruskan niat, dan semangat untuk melanjutkan kuliah, pendidikan/sekolah itu adalah perjuangan, maka kejarlah mimpi, saat saya kuliah dulu, kondisinya jauh berbeda dengan zaman ini, dulu lebih sulit, mulai dari tranportasi, komunikasi, dan lainya. Zaman sekarang semua sudah tersedia, artinya bisa dicari informasi. Dan ketika pilihan jurusan berbeda dengan keinginan orang tua maka lakukan dialog dan komunikasi, karena ridho orang tua penting, agar anaknya berhasil,” Pesan Junaidi yang juga tokoh pendidikan di Riau.

Sementara Direktur YKPI Syahyeni, menyampaikan bahwa dirinya dengan Unilak tidak asing lagi, karena Dia pernah mengajar dikampus tersebut.

“Saya tidak asing dengan Unilak, dan saya kenal baik Rektor Junaidi, karena saya dulu pernah mengajar di FKIP Unilak, bersama sama dengan Dosen FKIP saat itu Dr Adolf Bastian,” ujarnya mengawali sambutan.

Dikatakan Syahyenni, adanya penandatangan MoU ini patut di syukuri, dan motivasi dari Rektor Unilak kepada siswa juga menjadi penyemangat/pencerahan untuk untuk melanjutkan kuliah, dan ini juga bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi Unilak.

“Kita berharap adanya MoU ini memberikan hasil positif bagi YKPI, dan memberi kualitas pembelajaran anak-anak. Unilak salah satu universitas terbesar di Riau, ini kebanggaan kita semua, dan bisa menjadi pilihan berkuliah,” pungkasnya.

Motivasi Rektor Unilak berlangsung hampir 1 jam, turut hadir Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara M Kom. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …