Kamis , 19 Mei 2022

Resmi Dimulai, Bulan Bahasa 2021 Himaprodi PBSI Digelar Secara Online

Riaupintar.id — Gelaran Bulan bahasa 2021 Himaprodi PBSI Universitas Riau, Ahad 17 Oktober 2021 resmi dibuka secara online. Bulan Bahasa merupakan salah satu acara terbesar kedua yang dihelat oleh Himaprodi PBSI Universitas Riau yang berfokus pada kegiatan kebahasaan.

Acara Bulan Bahasa tahun ini mengusung tema ‘Mewujudkan Kreativitas dan Membangun Bangsa dengan Berbahasa’ dengan membuka beberapa cabang lomba baru yang sebelumnya tidak ada pada Bulan Bahasa 2020.

Adapun cabang lomba Bulan Bahasa tahun lalu yakni tulis puisi, tulis esai, dan tulis cerpen yang berfokus pada kemampuan menulis saja, tahun ini panitia menambahkan tiga cabang lomba lagi yakni baca puisi, pidato, dan desain logo.

Kegiatan ini sendiri nantinya akan ditutup pada tanggal 14 November 2021 secara semi daring dengan menampilkan beberapa penampilan dari mahasiswa/i Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau, seperti penampilan tari saman, musikalisasi puisi, dan rap yang saat ini masih dalam proses latihan dan persiapan guna untuk memaksimal penampilan ketika acara penutupan Bulan Bahasa 2021 kelak.

Sebagai catatan, musikalisasi puisi mahasiswa/i Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau telah memiliki prestasi yang cukup banyak diantaranya menjuarai peringkat 2 ajang Gebyar Budaya yang diadakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, juara 2 pada ajang Festival Literasi Uhamka Flu Jilid V yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Juara 2 dalam ajang Mahakarya Lamar Mesra Dies Natalis Ke- XIII yang diadakan oleh Prodi PBSI Universitas Maritim Raja Ali Haji, dan juara 1 pada ajang Festival Teater Online Nasional yang diadakan oleh Universitas Trisakti.

Syahnari Septiana selaku Ketua Pelaksana Bulan Bahasa 2021 dan seluruh panita berharap Bulan Bahasa tahun ini dapat menjadi wadah bagi peserta untuk menyalurkan kreativitasnya dalam berbahasa sesuai dengan tema Bulan Bahasa tahun ini.

“Meski ditengah pandemi, kita berharap semangat peserta tidak pudar, dan semoga acara ini bisa berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya. (rls)

Baca Juga

UTBK Gelombang Pertama Dilaksanakan 17 Mei 2022

Riaupintar.id — Sebagai salah satu Pusat Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk …