Minggu , 19 September 2021

Sambut Perkuliahan Tatap Muka, Mahasiswa UMRI di Vaksin

Riaupintar.id — Menyambut perkuliahan tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) divaksin.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Riau ini berlangsung Rabu 1 September 2021, di kampus utama UMRI, Jalan Tuanku Tambusai ujung. Dan diikuti 600 orang untuk vaksin pertama dan 40 orang untuk vaksin kedua.

Vaksinasi bagi Mahasiswa ini dilakukan setelah sebelumnya UMRI sukses melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi kalangan Dosen dan tenaga pendidik.

Kapolda Riau dan jajaran serta didampingi oleh Rektor, Wakil Rektor dan kalangan civitas dilingkungan Universitas Muhammadiyah Riau.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Riau dan rombongan melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan vaksinasi serta menyapa langsung sejumlah peserta vaksinasi.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi langsung hadir atau meninjau langsung pelaksanaan vaksin bagi mahasiswa UMRI tersebut. Dia menyebut, pelaksanaan vaksinasi ke kampus-kampus merupakan salah satu upaya Polda Riau dalam menyukseskan percepatan program vaksinasi di Riau yang saat ini masih berada di angka 20 persen.

“Penyelenggaran kegiatan ini bertujuan agar adik-adik mahasiswa mendapatkan vaksin dengan mudah dan cepat, sehingga ketika sewaktu-waktu pembelajaran tatap muka diperbolehkan maka tidak ada kendala lagi. Pastinya, adek-adek mahasiswa UMRI sudah rindu dengan pelaksanaan kuliah tatap muka ini. Vaksinasi merupakan upaya dan ikhtiar kita bersama, agar terhindar dari paparan Covid-19,” kata Kapolda.

Dia berharap melalui kegiatan ini, pelaksanaan kuliah tatap muka di UMRI bisa segera dilakukan jika sewaktu-waktu, dan status Kota Pekanbaru turun ke PPKM Level 3. Karena menurutnya, kasus kematian akibat Covid-19 masih cukup tinggi.

“Meski saat ini Pekanbaru masih menerapkan PPKM Level 4 hingga tanggal 6 September mendatang, namun Dia berharap levelnya bisa turun seiring dengan menurunnya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi menjelaskan, vaksinasi bagi Dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau sudah terlebih dahulu dilakukan dan sudah hampir mencapai angka 100 persen. Sekarang giliran mahasiswa dan mahasiswa UMRI yang menjalani program vaksinasi Covid-19, sebagai persiapan UMRI dalam menyambut pelaksanaan kuliah tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 nanti.

“Sebelumnya kita bersama Dinas Kesehatan Riau sudah melaksanakan program vaksinasi bagi kalangan Dosen dan tenaga kependidikan, sekarang kita bekerjasama dengan Polda Riau melakukan vaksinasi kepada 600 mahasiswa UMRI. Dari jumlah total sebanyak 7.000 mahasiswa, kita targetkan 70 persen mahasiswa melakukan vaksinasi Covid-19 sehingga bisa terbentuk kekebalan berkelompok atau herd immunity di lingkungan kampus UMRI. Rencananya, UMRI akan melakukan kuliah tatap muka awal tahun 2022 mendatang,” sebut Mubarak.

Sementara salah seorang mahasiswi UMRI yang mengikuti vaksinasi Azeta Yozanti mengucapkan terima kasih kepada pihak Polda Riau karena telah menggelar program vaksinasi Covid-19 bagi kalangan mahasiswa UMRI. Dengan adanya program vaksinasi di kampus, memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan vaksin Covid-19.

“Saya sangat berterima kasih kepada Polda Riau, yang telah melaksanakan vaksinasi di kampus kami. Dengan telah dilakukannya vaksinasi di kampus, kami berharap perkuliahan tatap muka bisa segera dilaksanakan. Selain itu, kami mahasiswa juga aktif menjadi relawan Vaksin Center RS Bhayangkara Polda Riau. Semoga Polda Riau bisa melaksanakan vaksinasi gelombang kedua di UMRI, agar seluruh rekan-rekan mahasiswa bisa di vaksin,” ungkap Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Simak juga informasi mengenai UMRI lainnya di www.umri.ac.id.

Mubarak menambahkan kalau UMRI masih membuka kesempatan kerjasama seluas-luasnya untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, baik untuk Mahasiswa maupun kalangan umum, karena mendapatkan pasokan vaksin masih cukup susah.

“Sebenarnya banyak juga masyarakat kita yang mau ikut vaksin, hanya saja mereka terkendala tempat untuk mengikuti vaksinasi ini, semoga kedepan kita juga bisa melaksanakan vaksinasi kembali yang tidak hanya untuk kalangan mahasiswa, tapi juga kalangan masyarakat umum,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Milad ke-59 UIR, Rektor Ziarahi Makam Pendiri

Riaupintar.id — Milad ke-59 Tahun 2021 Universitas Islam Riau dimeriahkan dengan berbagai kegiatan internal. Hari …