Selasa , 24 November 2020

Setiap yang Masuk ke Kampus UIR Wajib Periksa Suhu Tubuh

Pemeriksaan kesehatan Civitas Akademika Universitas Islam Riau di gate utama Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

Riaupintar.id — Sesiapa saja yang masuk ke kampus Universitas Islam Riau (UIR) wajib melakukan pemeriksaan suhu badan. Tidak hanya mahasiswa dan dosen, pemeriksaan juga diberlakukan untuk seluruh pejabat dilingkup UIR serta orangtua serta tamu lainnya.

Pemeriksaan telah berlaku sejak Senin 13 April 2020 di pintu utama Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru.

Selain dosen, mahasiswa dan karyawan, pemeriksaan diberlakukan pula kepada pimpinan UIR seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan bahkan Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau.

”Mohon maaf Pak, kami periksa dulu suhu badannya,” kata seorang sekuriti kepada Fahridar Hasibuan, Sekretaris BPPA yang masuk ke kampus Rabu siang 15 April 2020.

Fahridar mengaku senang dengan kinerja sekurity. Selain tak membedakan orang dalam melaksanakan tugasnya, ia juga bisa tahu kondisi terkini suhu tubuhnya.

Pemeriksaan kepada dosen dan pegawai, kata Fahridar yang akrab disapa Ucok ini, sebenarnya sudah berlangsung jauh-jauh hari. Terutama di Fakultas Teknik. Fakultas ini telah lebih awal menerapkan aturan protokol kesehatan. Suhu badan diperiksa, masuk menggunakan masker dan disediakan tempat mencuci tangan. Fakultas-fakultas lain juga sudah melakukan hal yang sama. Termasuk di Gedung Rektorat.

Masuk ke gedung Rektorat, ujar Ucok, juga berlaku protokol kesehatan. Tapi dibuat secara bertahap. Ia menyebut, virus corona sudah meluas dan jumlah korban terus bertambah.

Karena itu pihaknya akan memberlakukan protokol kesehatan secara lengkap. Mulai dari pemeriksaan tubuh, masker, cuci tangan hingga ke tempat duduk dalam physical distancing.

Rektor Prof Dr Syafrinaldi mengapresiasi kinerja BPPA yang mulai menerapkan protokol kesehatan.

”Kita harus lakukan upaya pencegahan sedini mungkin, siapapun yang masuk kampus periksa terlebih dahulu kesehatan dan ini adalah untuk kepentingan kita bersama. Apabila ditemukan ada gejala-gejala terutama di suhu badan saya minta bawa segera ke klinik YLPI untuk pemeriksaan lanjutan,” kata Syafrinaldi. (rls)

Baca Juga

Mantap, Unilak Raih Anugerah KI Award untuk Ketiga Kalinya

Riaupintar.id — Untuk ketiga kalinya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) kembali meraih anugerah Komisi Informasi (KI) …