Selasa , 24 November 2020

Silaturrahmi dengan Dosen Homebase, ini yang Dibahas Pimpinan PPs UIR

Riaupintar.id — Bertempat di Aula Pasca Kampus Universitas Islam Riau (UIR), Pimpinan Pascasarjana UIR menggelar silaturrahmi dengan dosen-dosen hombase program PPs pada Rabu pagi 17 Juni 2020.

Selain Direktur Pascasarjana Prof Dr H Yusri Munaf, SH, MHum, silaturrahmi juga dihadiri Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL. Wakil Rektor I Dr Syafhendry, Wakil Direktur I Dr Rahyunir Rauf, Wakil Direktur II Dr Effendi Ibnu Susilo, SH, MH, dan Kepala-kepala Program Studi di lingkungan PPs.

Silaturrahmi ini di samping karena masih dalam suasana bulan Syawal juga terkait dengan akan dimulainya pelaksanaan ujian akhir semester bagi mahasiswa-mahasiswa pascasarjana.

”Kami sudah cek ke mahasiswa-mahasiswa di berbagai daerah, bahwa kendati mereka tidak pernah ke kampus karena pandemi covid 19, namun mereka telah menerima jadwal UAS,” kata Yusri Munaf dalam sambutan awal silaturrahmi.

UAS yang dilaksanakan pada 19-27 Juni akan berlangsung secara daring/online. Yusri menghimbau seluruh dosen pascasarjana agar mempersiapkan motode pelaksanaan UAS yang sesuai dengan kondisi negara yang sedang dilanda pandemi Covid 19.

”Karena UAS bersamaan waktunya dengan corona maka pelaksanaan ujian diserahkan kepada masing-masing dosen pengampu mata kuliah. Begitupun dengan tugas-tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa,” kata Yusri.

Yusri juga menyampaikan kebijakan terbaru Rektor yang telah menetapkan keputusan terkait homebase untuk memenuhi ratio dosen dengan mahasiswa dalam rangka mengisi borang akreditasi program studi. Kebijakan ini tentu berpedoman kepada aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Terutama standar sembilan.

”Beberapa dosen yang selama ini berhome base di fakultas hukum sudah dipindah ke pascasarjana. Program studi lain akan menyusul sesuai kebutuhan,” ujar Yusri Munaf.

Yusri berharap, Pandemi Covid 19 yang belum tentu kapan berakhir tidak mengganggu pembelajaran di pasca karena semua prosesnya dapat dilakukan melalui daring.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Syafrinaldi juga memberi arahan terkait pembelajaran di era covid dan beberapa regulasi yang diterbitkan Pemerintah dalam menjawab kebutuhan pembelajaran di masa corona.

Sama dengan Yusri, Rektor juga menghimbau dosen-dosen pascasarjana dapat melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi seperti biasa. Melalui Menteri Pendidikan Mas Nabiel Makarim, kata Rektor, kita tidak dibenarkan melakukan tatap muka sampai batas waktu yang ditentukan Pemerintah.

Silaturrahmi Pimpinan PPs dengan Dosen Homebase diakhiri dengan dialog yang dipimpin Wadir I Rahyunir Rauf. Diantara dosen yang hadir antara lain Prof Sugeng, Dr Nurman, Prof Thamrin, Dr Arifin Bur, Dr Siti Zahra, Dr Agusnimar, Dr Fathurrahman, Dr Rasyidi Hamzah, Dr Ardiansyah, Dr Syafriadi, Dr Admiral, Dr Moris Adidi Yogia, Husnu Abadi PhD, dan Dr Anas Puri. (rls)

Baca Juga

Mantap, Unilak Raih Anugerah KI Award untuk Ketiga Kalinya

Riaupintar.id — Untuk ketiga kalinya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) kembali meraih anugerah Komisi Informasi (KI) …