Jumat , 27 November 2020

Surau Al-Irhassh, Surau Tertua Di Kota Pekanbaru

Riaupintar.id — Surau Al-Irhaash terletak yang di jalan Senapelan, kecamatan Senapelan, kota Pekanbaru merupakan surau tertua di kota Pekanbaru. Surau ini di dirikan pada tahun 1925 pada masa penjajahan Belanda. Didirikan di atas tanah wakaf masyarakat Kampung Bukit, dengan dana dari masyarakat sekitar (Kampung Bukit).

Pada zaman perang kemerdekaan surau ini di jadikan markas pejuang tentara fisabilillah. “Dijadikan markas tempat perjuangan sambil belajar mengaji, serta tempat untuk mensyiarkan agama” ujar bapak Syawal.

Syawal menceritakan, pada masa itu keadaan di surau ini aman-aman saja, karena orang-orang Belanda mengira bahwa surau Al-Irhaash hanya menjadi tempat persinggahan serta tempat ibadah, namun nyatanya surau ini juga menjadi markas pejuang tentara fisabilillah.

Bentuk awal dari surau Al-Irhaash adalah persegi empat, bergaya bangunan kolonial dengan atap berbentuk limas dan ventilasi berukir dari kayu. Sekitar tahun 70-an bangunan surau berfungsi sebagai tempat ibadah maka di tambah ruang mirhab.

Masyarakat Kampung Bukit membuat alat untuk pertanda masuknya waktu sholat untuk mengikuti syiar islam yang di nama kan “ketuntung” untuk. Kemudian sekitar tahun 70-an alat tersebut di ubah bentuknya dengan menggunakan bahan dari drum yang bagian luarnya di lapisi kulit rusa, alat ini di kenal dengan nama Tabuh.

Surau Al-Irhaash pertama kali di renovasi pada tahun 2005, di bangun kamar mandi/WC, tempat wudhu dan penambahan jendela. Pada tahun 2007 dilakukan renovasi total. Meskipun di renovasi bentuk keaslian surau ini tetal di pertahankan, sesuai kesepakatan orang-orang terdahulu.

“Sebenarnya kalau mau surau ini bisa saja di bangun menjadi tingkat dua atau tiga, namun orang-orang terdahulu sudah membuat perjanjian bahwa keaslian surau ini tidak boleh di rubah bentuknya, karena orang dulu menghibahkan tanah ini benar-benar untuk beramal” ujarnya.**

Penulis : Shofia Ika Nurjannah (Mahasiswi Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Riau)

Baca Juga

Besok, Pascasarjana Unilak Gelar Yudisium XI, Terapkan Prokes Ketat

Riaupintar.id – Akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat, besok, Selasa 24 Nopember 2020, Pascasrajana …