Selasa , 17 Mei 2022

Syafrani Dilantik Sebagai Rektor Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Riaupintar.id — Guru besar Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Prof Dr Syafrani dilantik menjadi Rektor Universitas Hang Tuah Pekanbaru 2022-2026, Sabtu 16 April 2022. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Yayasan Hang Tuah dr Zainal Abidin MPH, di aula gedung Rektorat jalan Mustafa Sari.

Sejumlah pejabat struktural juga dilantik saat itu, turut hadir Rektor Unilak Dr Junaidi MHum, pimpinan perguruan tinggi, dan undangan lainnya.

Universitas Hang Tuah resmi berdiri berdasarkan SK Mendikbudristek Nomor 73/E/O/2022 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Hang Tuah Pekanbaru dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Pekanbaru menjadi Universitas Hang Tuah Pekanbaru.  Pada bulan Februari 2022 lalu Ketua Yayasan Hang Tuah Zainal Abidin langsung menerima SK dari Prof Heri selaku Kepala LLDIKTI Wilayah X di Sumbar.

Pelaksanaan pelantikan Prof Syafrani sebagai Rektor Universitas Hang Tuah berlangsung cepat dan lancar, Guru besar asal Kabupaten Rokan Hilir ini mencatatkan sejarah menjadi Rektor Pertama.

Sebelumnya Prof Syafrani juga pernah menjadi Rektor Unilak. Prof Syafrani tidak asing dengan Stikes Hang Tuah dan STMIK Hang Tuah, karena menjadi pengajar Pascasarjana dan dewan pembimbing tesis sejumlah mahasiswa disana.

Dihubungi Ahad 17 April 2022 Prof Syafrani mengapresiasi dirinya dilantik menjadi Rektor. Dikatakan, dirinya dan ketua yayasan sudah lama terbangun hubungan dekat.

“Universitas Hang Tuah bukanlah hal yang asing. Saya adalah tenaga pengajar STIKes Hang Tuah. Keberadaan saya disana (menjadi Rektor) merupakan anugerah bagi saya, dan saat ini akan berbagi pengalaman bagaimana membenahi tata kelola, tata pamong, yang saat ini telah menjadi lembaga Universitas sesuati aturan berlaku,” kata Syafrani.

“Kami akan berupaya dengan tenaga struktural yang juga dilantik kemarin untuk melakukan pembenahan, data-data dari sekolah tinggi akan kita benahi menjadi data data berbasis Universitas, tentu kita mengharapkan dukungan dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Universitas Hang Tuah, mahasiswa juga harus turut serta membantu. Saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unilak dan Ketua Yayasan Raja Ali Haji Prof Irwan yang memberikan ijin,” sambungnya.

Dijabarkan Prof Syafrani, dalam waktu dekat Ia akan membenahi semua aturan dan kebutuhan kebutuhan, seperti rencana induk pengembangan, sentra, renov dan ini harus berbasis Universitas. Perubahan menjadi Universitas Hang Tuah maka akan memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Masyarakat berbangga karena ini naik kelas dua tingkat dari sekolah tinggi ke universitas.

“Kita yakin masyarakat sudah memahami hal itu, perubahan nama berpengaruh kepada indeks kepercayaan masyarakat justru akan meningkat, ini memberikan manfaat dan kuntungan. Naik status ini akan menambah kita semakin yakin calon mahasiwa akan memiliki kebanggaan sendiri karena dilahirkan dari institusi universitas.” ujar Syafrani.

Sementara, Rektor Unilak Dr Junaidi yang hadir saat pelantikan mengucapkan selama. Selamat untuk Prof Syafrani, kami mendoakan beliau dapat menjalankan tugas dengan baik, dan suskes. Dilantiknya beliau menjadi Rektor adalah pilihan tepat, Prof Syafrani memiliki pengalaman, kemampuan dan kapabilitas untuk memajukan Universitas Hang Tuah. Beliau juga pernah menjadi Rektor Unilak tentunya pengalaman-pengalaman ini dibutuhkan. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …