Sabtu , 24 Juli 2021

Terapkan Prokes Ketat, Wisuda Drive Thru Unilak Digelar Tiga Hari

Riaupintar.id — Untuk Kedua kalinya Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, menggelar prosesi wisuda secara Drive Thru ditengah pelandemi virus Corona, Selasa 1 Desember 2020 dibuka oleh Rektor Dr Junaidi SS, M.Hum Unilak menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana LXI dan Pascasarjana XI dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Setiap wisudawan yang masuk lokasi kampus di periksa suhu tubuh,  tidak bersentuhan, menggunakan sarung tangan, hand sanitizer, tersedia tempat mencuci tangan, wajib menggunakan masker dan didukung oleh face Shield. Dan di lokasi kampus petugas kesehatan turut berjaga. Untuk mencegah terjadi kerumunan pelaksanaan wisuda Drive Trhu di gelar selama tiga hari (1-3 Desember) tiap hari di bagi dua sesi.

Ikut hadir wakil rektor I Zamzami.S.Kom.M.Kom, wakil rektor II Hardi SE.MM, wakil rektor III Dr. Bagio Kadaryanto.SH.,MH. Turut dihadiri oleh guru besar Unilak Prof.Dr.Ir. Syafrani, dan dihadiri anggota Senat Universitas. Sidang Senat telah dimulai sejak pukul 8 pagi diawali dengan arak-arakan Kompang dan Silat.

Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Quran, kemudian menyanyikan lagu Indonesia raya. Sejak pukul 7.30 pagi peserta wisuda telah berjejer rapi di kampus Unilak, ada yang membawa mobil,motor, bagi yang tanpa kendaraan Unilak menyediakan kendaraan bagi peserta wisuda.

Plt Kepala LLDIKTI Wilayah Yandri SH.MH dalam sambutan virtual mengucapkan selamat kepada Wisudawan/Ti Unilak. Semoga ilmu yang di dapat digunakan sebaiknya baiknya. Dengan jumlah alumni lebih dari 27.000 orang ini adalah indikator pencapaian prestasi yang sangat impresif Unilak.

Disebutkanya Unilak telah membina dan mengembangkan perguruan tinggi menjadi berkualitas. Di masa revolusi industri 4.0 ini teknologi sangat berkembang cepat. Dan teknologi informasi sangat mendukung kemajuan perguruan tinggi. Siap tidak siap perguruan tinggi harus siap mengikuti tantangan zaman, perguruan tinggi harus dikelola secara inovasi dan fleksibel

Yandri juga berpesan perguruan tinggi harus mampu mempersiapkan SDM untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan Perguruan tinggi, yaitu, Perguruan tinggi harus mempersiapkan lulusan harus yang berkualitas.

Berikutnya, perguruan harus menyesuaikan diri terutama dalam basis belajar mengajar yg berbasis digital. Dan Selalu meningkat kompetensi dosen ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Saya memberikan apresiasi ke Unilak saat ini dosen lebih dari 260 orang, 53 diantaranya bergelar doktor, dua guru besar. Pencapaian ini harus dilanjutkan karena dosen adalah roh dari perguruan tinggi. Dan untuk Akreditasi, Unilak saya berikan apresiasi karena dua prodi telah berakreditasi A, dan B, kemudian institut berakreditasi B. Kedepannya saya ingin mendapatkan kabar semoga prodi akreditasi A bertambah” Harap Yandri.

Terakhir sebut Yandri, yang tak kalah penting perguruan tinggi harus bekerja sama dengan stakeholder. Bisa dengan dunia usaha, industri, Pemerintah, dan antara perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Karena kerjasama kunci keberhasilan dalam era 4.0.

Sementara, Gubernur Riau Drs. Syamsuar. M.Si dalam sambutan virtual mengucapkan
selamat kepada Wisudawan/ti yang telah di Wisuda secara Driver Thru sesuai prosedur protokol kesehatan.

“Saat Unilak telah memposisikan diri sebagai perguruan tinggi yang eksis dalam mencetak sumber raya manusia berkualitas semoga dapat berkontribusi bagi kemajuan provinsi Riau dan Indonesia di masa akan datang,” kata Gubernur.

Tidak berapa lama seluruh pemuncak wisuda sarjana dan  Pascasarjana di panggil ke lobi Rektorat dan menaiki tangga untuk diwisuda, beberapa wisudawan tampak ada yang menaiki motor dan mobil.

Rektor Unilak Dr Junaidi mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi dan semoga ilmu yang diraih memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam karir dan kehidupan. Terimakasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan Unilak sebagai bagian perjalanan akademik

Di masa Pandemi ini rektor Unilak juga menyampaikan prestasi mahasiwa Unilak tingkat nasional yang berhasil di capai, diantaranya diraih oleh Rian Rudiansyah mahasiswa Fekon dalam program kegiatan Bisnis Manajemen Indonesia 2020, Juara 1 lomba Essay Kohati oleh Septiandi Putra (mahasiswa Fekon) di Yogyakarta, Tiga terbaik Video Review diraih oleh Zana Fadhilah mahasiswa FIB, pada festival arafah pemuda, Terbaik tiga di festival Zatuhulwana pemuda di raih oleh Fildza Idzni dari FIA Unilak.

“Sejak berdiri Unilak saat ini telah memiliki 291 dosen yang berpendidikan S2, Doktor, dan Guru Besar. dosen dosen Unilak lulusan kampus terbaik dalam dan Luar Negeri. Di masa pandemi ini Unilak telah melaksanakan kuliah secara daring dan tidak ada kendala karena menggunakan teknolodi Blendead Learning.” kata Dr. Junaidi.

Ditambahkan Rektor, Unilak juga terus mengembangkan dan memajukan diri salah satunya dengan upaya menambah 15 program studi baru yang sangat dibutuhkan di era saat ini beberapa diantaranya Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) Program Sarjana, Bisnis Digital, Teknik Mekatronika, Desain Interior Komunikasi. Untuk Pascasarjana yaitu Ilmu lingkungan, komputer dan Akutansi.

Dan terakhir Rektor berpesan untuk jaga nama baik Universitas Lancang Kuning. Tetaplah menjalin silaturahmi dengan almameter. Bergabung bersama dalam IKA Alumni Unilak.

“Mari bersama-sama bahu membahu mendarmabaktikan potensi kita untuk kita transformasikan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kampus kita secara khususnya serta bangsa dan negara,” ajaknya.

Di wisuda LXI, total wisudawan yang diwisuda 1074 orang, dengan rincian fakultas ilmu administrasi 157 orang, Fakultas Ekonomi 178 orang, Fakultas Teknik 47 orang, Fakultas Pertanian 37 orang, Fakultas Hukum 295 orang, Fakultas IImu Budaya 70 orang, Fakultas Kehutanan 21 orang, Fakultas Ilmu Komputer 116 orang, FKIP 96 orang, Pascasarjana 59 orang.

Dengan lulusanya di wisuda LXI maka jumlah alumni Unilak sebanyak 27.251 untuk Sarjana satu, dan 709 untuk S2. Alumni Unilak telah memberikan kontribusi nyata pembangunan segala di Riau dan Indonesia.

Dalam wisuda LXI Unilak memberikan penghargaan kepada pemuncak dari tiap Fakultas. Untuk Sarjana Satu sebagai pemuncak dari Fakultas ilmu administrasi yaitu Helmita Gosowa IPK 3,91, fakultas Hukum Ayu Yarmila IPK 3,99, Fakultas kehutanan Gandhiko Mohta IPK 3,98, Fakultas Ilmu Budaya Puspita Ningtias IPK 3,90.

Kemudian Fakultas Teknik oleh Dani Rahayu Ramdani IPK 3,64, FKIP diraih Aqla Nurtisa Wirdana IPK 3,90, Fakultas Ilmu Komputer Wanda Wahyuni IPK 3,85 Fakultas Ekonomi Agus Kurnia Irawan dengan IPK 3,83, dan fakultas Pertanian Rafika Maharani IPK 3,75.

Salah satu pemuncak wisuda yang ditemui yaitu Wanda Wahyuni mengatakan selama kuliah di Unilak mendapatkan beasiswa Pemprov Riau selama 4 tahun, jadi pemuncak tidak ditargetkan, karena menerima beasiswa maka tinggal fokus belajar.

“Terima kasih kepada Unilak dan Pemprov Riau. Selama kuliah dosen sangat membantu dalam tugas, baik, dan suasana kekeluargaanya dapet. Wisuda Drive Thru ini memiliki kesan tersendiri, dan kreatif. Dan cepat pulang. ” ujar Wanda anak kedua dari lima bersaudara

Beberapa hari sebelum pelaksanan wisuda, Unilak telah mensosialisasikan ke peserta untuk langsung pulang kerumah usai di wisuda dan menghindari kerumunan di kampus.

Unilak adalah perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1982 dibawah naungan yayasan pendidikan Raja Ali Haji. Saat ini Unil telah memiliki 9 fakultas dengan 19 prodi S1, dan 2 prodi Pascsarjana yang telah berakreditasi A dan B dari BAN PT. (rls)

Baca Juga

Lolos Seleksi GBN 2021, Mahasiswi FKIP UIR ini ke Istana Negara Pada HUT RI ke-76

Riaupintar.id — Tiara Hanum, mahasiswa Semester 6 Program Studi Sendratasik Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan …