Rabu , 28 September 2022

Tim Abdimas UNRI Dampingi UMKM Mutiara Ayu Pada Festival Pangan Lokal Pekanbaru

Riaupintar.id — Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-65 Provinsi Riau pada tanggal 9 Agustus 2022. UNRI turut serta dalam berpartisipasi pada kegiatan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dalam bentuk pameran hasil karya dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Kota Pekanbaru. Kegiatan dengan tema “Festival Pangan Lokal Pekanbaru 2022” ini dilaksanakan di Kawasan Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru.

“Pada kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis 4 Agustus 2022 lalu, kita melibatkan mahasiswa Kuliah kerja Nyata (Kukerta-red) Integrasi serta Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (Abdimas UNRI) Desa Kualu 2022 untuk ikut serta mendampingi UMKM Mutiara Ayu yang berkontribusi dalam festival tersebut dengan memasarkan produk hasil UMKM Mutiara Ayu yakni minuman Sari Kedelai Sehat (SKS),” Kata Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terintegrasi UNRI Anisa Mutamima MEng, Selasa 9 Agustus 2022 di Kampus Bina Widya UNRI.

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak pihak, di antaranya adalah Perhimpunan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI-red) yang memayungi berbagai UMKM yang bergerak dalam usaha produksi produk makanan dan minuman. UMKM Mutiara Ayu merupakan satu di antara anggota PPJI yang ikut andil dalam festival pangan tersebut bersama kelompok mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas UNRI Desa Kualu 2022 dalam mendampingi UMKM Mutiara Ayu dengan memasarkan produk berupa minuman Sari Kedelai Sehat (SKS).

“Keikutsertaan UMKM Mutiara Ayu dalam festival pangan tersebut, merupakan bagian dari program rangkaian pengabdian masyarakat yang berfokus pada optimalisasi produksi Sari Kedelai Sehat pada UMKM Mutiara Ayu. Adapun tim Abdimas UNRI diketuai oleh Panca Setia Utama PhD dosen Teknik Kimia UNRI dan beranggotakan dosen dari Teknik Kimia, yaitu Prof Edy Saputra, Ir Rozanna Sri Irianty MSi, Nurfatihayati MT, dan Anisa Mutamima MEng, serta dosen dari Teknik Mesin Feblil Huda PhD,” urai Anisa.

Pada kesempatan itu, Nurfatihayati, menyampaikan dalam program pengabdian ini, pihaknya juga melibatkan mahasiswa Kukerta dari yang berasal dari 3 Fakultas yang berbeda, yaitu Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

“Kelompok mahasiswa Kukerta ini membantu dalam proses persiapan, produksi, dan pengemasan produk Sari Kedelai Sehat serta mendampingi UMKM mitra dalam memasarkan produknya dengan cara memberikan brosur, memberikan pengenalan, dan penjelasan kepada masyarakat. Melalui keikutsertaan UNRI pada kegiatan ini, diharapkan UMKM dapat menangkap peluang pasar yang lebih luas dan meningkatkan relasi serta peluang berkolaborasi dengan berbagai pihak ke depannya,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Kuliah di Untag Surabaya, Dosen Unilak ini jadi Lulusan Terbaik

Riaupintar.id — Menempuh studi Doktor selama 3 tahun 6 bulan, dan mendapatkan beasiswa dari Pemprov …