Selasa , 17 Mei 2022

Tim ke Daerah, Disdik Riau Sosialisasi PPDB Sekolah Berasrama

Aristo MPd, Kepala Bidang SMA Disdik Riau

Riaupintar.id — Dinas Pendidikan Provinsi (Disdik) Riau menurunkan tim sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah berasrama (boarding school) ke12 kabupaten kota di Riau. Tim sosialisasi ini sudah turun ke daerah sejak tanggal 24 Februari hingga 2 Maret 2022 mendatang.

Kepala Bidang SMA Disdik Riau Aristo MPd mengatakan, tim turun ke daerah bertujuan agar masyarakat di daerah mengetahui dan mendapatkan informasi secara langsung, menyeluruh tentang PPDB sekolah berasrama. Ini, artinya, informasi PPDB tidak hanya diterima segelitir masyarakat di daerah saja. Selain itu, agar siswa bisa mendaftarkan diri sesuai dengan kemampuan akademis dan minat siswa.

“Sosialisasi ini sangat penting kita lakukan agar semua orangtua didaerah bisa mendapatkan informasi PPDB sekolah asrama baik jadwal pendaftaran dan syarat yang diperlukan untuk PPDB sekolah berasrama,” kata Aristo, Jumat 25 Februari 2022.

Dikatakan Aristo, empat sekolah asrama (boarding school) dibawah naugan Bidang Pembinaan SMA yakni SMAN Plus Provinsi Riau, SMAN Pintar Kuansing, SMA Islamic Center Siak dan satu lagi SMA boarding school di Rohil. Hanya saja, SMA boarding school di Rohil baru tahun ini menerima siswa baru.

Materi sosialisasi tim PPDB sekolah berasrama menyangkut dengan tahapan PPDB mulai dari jadwal pendaftaran, syarat pendaftaran, tes seleksi hingga pengumuman kelulusan siswa yang diterima.

Sedangkan teknis sosialisasi PPDB, tim Disdik Riau berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota. Selanjutnya, dinas pendidikan kabupaten kota akan mengumpulkan peserta sosialisasi maksimal 120 peserta mulai dari kepala sekolah orangtua siswa dan peserta didik.

“Jadi Dinas Pendidikan kabupaten kota nantinya menyediakan tempat dan peserta sosialisasi PPDB mulai dari kepala SMP sederajat, orangtua siswa dan siswa kelas 9. Tim akan memberikan materi sosialisasi PPDB dengan harapan kepala sekolah dimasing sekolah memberikan informasi ke orangtua siswa kelas 9,” terang Aristo.

Berdasarkan jadwal sosialisasi tim PPDB sekolah berasrama dimasing masing daerah seperti Inhu, Inhil, Kampar dan Rohul telah turun, Kamis 24 Februari. Kabupaten Siak, tim sosialissi PPDB dilaksanakan, Jumat, 25 Februari. Sedangkan untuk kabupaten Bengkalis, Kota Dumai dan Pelalawan tim akan turun tanggal 1 Maret. Selanjutnya, kabupaten Rohil, Meranti dan Kuansing, tim PPDB mulai melakukan sosialisasi tanggal 2 Maret.

Selain tim turun ke daerah, Disdik Riau juga menyebarkan brosur, spaduk dan media sosial tentang PPDB sekolah berasrama.

“Saat tim turun ke daerah, juga ada tim dari Bidang SMK dan PKPLK. Sebab SMK dan PKPLK juga ada sekolah berasrama. Kita berharap siswa yang punya kemampuan akademik dan non akademik bisa mendaftarkan ke sekolah berasrama atau dikenal dengan istilah boarding school,”pungkasnya.(rls)

Baca Juga

Resmi Diluncurkan, Pergub Vokasi Bagian Menekan Angka Pengangguran Tamatan SMK

Riaupintar.id — Menjadi sebuah instrumen bagi pemerintah daerah dalam pelaksanaan penguatan pendidikan dan pelatihan vokasi …