Minggu , 15 Desember 2019

Tingkatkan Kualitas Guru Kimia, ini yang Dilakukan Chevron dan Umri

Wakil Rektor I Umri Sri Fitria Retnawaty, menyampaikan sambutan

Riaupintar.id — Melalui University Relationship Program Chevron bersama Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI) memberikan pelatihan kepada tenaga laboratorium kimia. Pelatihan diikuti sekitar 80 guru SMA/SMK dalam upaya peningkatan kualitas tenaga laboratorium kimia.

Sukamto selaku GM Corporate Affairs Aset PT. Chevron Pasifik Indonesia mengatakan University Relationship Program ini merupakan kerjasama dengan universitas, salah satu dengan Univeritas Muhamadiyah Riau (Umri). Kerjasama dengan UMRI dimulai sejak tahun 2013 lalu dan sudah memasuki tahun ke- 7. Program University Relationship Program ini penekanannya lebih kepada capacity building salah satunya peningkatan akreditasi universitas dari B menjadi A.” Sekarang program studi kimia akreditasinya sudah B, dan kedepan dengan perbaikan laboratorium, program studi kimia bisa terakreditasi A,” kata Sukamto, Selasa 26 Nopember 2019.

Sukamto juga mengatakan, URP salah satu bentuk kontribusi Chevron dalam membangun dunia pendidikan di Riau lebih berkualitas dengan sasaran semua laboratorium kimia di Riau dapat dikelola dan ditata dengan baik.” Inilah harapan kita dari program UPR yang sudah berjalan sejak tahun 2010 lalu,” kata Sukamto.

Sementara Wakil Rektor I Umri Sri Fitria Retnawaty, S.Si. MT mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi guru kimia dalam mengelola laboratorium dan pelaksanaan mata pelajaran praktikum kimia. Selain itu, kegiatan ini bisa terbentuknya kerja sama dosen-dosen kimia Umri dan guru guru kimia sehingga memudahkan promosi Umri. Pelatihan berlangsung selama 3 hari (26 hingga 28 november) dengan pemeteri dari PT Chevron Bapak Maulana Hadi dan Adrinto ST.MK3. Ada juga Zayyinul Hayati Zein, Dr. Jufrizal Syahri, Noni Febriani dan Tim Fire PT.CPI.

Sedangkan materi yang diberikan antara lain menyangkut dengan pengantar SNI ISO17025: 2017, jaminan mutu pegujian, akurasi dan presisi pengujian, penilian akreditasi sekolah, dasar dasar keselamatan kerja disekolah, sistem komunikasi bahaya bahan kimia, laboratorium safety desingh.

“Kami berharap selain mempererat silatuhrahmi dengan Chevron dan pihak sekolah, pelatihan ini juga untuk menciptakan laboratorium yang berstandar nasional dengan selalu memperhatikan keselamatan kesehatan dan lingkungan,” kata Fitria

Sementara itu Kepala Balitbang Provinsi Riau Arbaini menyambut baik kegiatan pelatihan tenaga laboratorium kimia melalui University Relationship Program Chevron bersama dengan Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI). Kegiatan ini mampu menutupi kualitas kompetensi tenaga labor kimia yang dimiliki saat ini.

Masih banyak sekolah yang belum memiliki tenaga labor begitu sebaliknya ada sekolah memiliki labor kimia tapi tenaga labor belum ada.” Kita berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas kompetensi tenaga labor kimia yang di sekolah,” kata Arbaini saat membuka pelatihan tersebut.(nik)

Baca Juga

Sempena HGN 2019, YLPI Riau Beri Penghargaan Guru Teladan

Riaupintar.id — Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2019, Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau melaksanakan …