Sabtu , 25 Januari 2020

Tingkatkan Kualitas Penulisan Jurnal, Unilak dan FPPTI Riau Gelar Bimtek

Rektor Unilak Dr Junaidi S.S, M.Hum, dalam suatu acara beberapa waktu lalu.

Riaupintar.id — Universitas Lancang Kuning (Unilak) terus melakukan peningkatan mutu pendidikan, salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Mendelay untuk menyusun karya ilmiah yang lebih representatif.

Bimtek yang dibuka oleh Rektor Unilak, Dr.Junaidi.S.S.M.Hum tersebut, bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) wilayah Riau, Bimtek diikuti oleh para pustakawan, dosen dan pegawai di sejumlah perguruan tinggi di Riau, diantaranya Unilak, UIN Suska Ria, Unri, UIR, PCR, Umri dan lain lain. Diikuti lebih dari 80 peserta, yang diadakan di aula Pustaka Unilak. Kamis 9 Januari 2020.

Bimtek ini merupakan upaya Unilak dan FPPTI untuk meningkatkan kualitas penulisan jurnal, kualitas pustakawan Unilak, dan mengikuti perubahan teknologi di bidang jurnal penelitian dan perpustakaan.

Rektor Unilak Dr.Junaidi menyebut, Unilak terus berupaya meningkatkan skill dari para pustakawan dan dosen Unilak, Bimtek ini adalah satu cara yang dilakukan untuk peningkatan penulisan jurnal, dan skil pustakawan, saat ini para pustakawan tentu menghadapi perubahan yang sangat cepat, penggunaan teknologi menjadi suatu kewajiban dan tantangan.

“Jika kita lihat perpustakaan saat ini hanya sebagai library storage knowledge maka kita harus rubah prinsip itu, kini perpustakaan sudah masuk ke wilayah marketing, para penelit/dosen tentu membutuhkan data data, maka dari itu perpustakaan harus dipasarkan, di munculkan,”ujar Junaidi.

Dia juga berharap perpustakaan Unilak terus maju, lebih hebat dan lebih banyak koleksi dan terus melakukan penggunaan teknologi, dan banyak belajar dari perpustakaan terbaik yang ada di Indonesia.

Sementara Ketua FPPTI Riau Dr.Suriani dalam sambutannya mengatakan, FPPTI berterimakasih kepada Unilak dan Rektor yang telah bersedia berkerjasama untuk mengadakan Bimtek.

“Bimtek ini dimaksudkan sebagai tempat berbagi pengetahuan dan ilmu walaupun berbeda latar belakang, ada yang dosen, mahasiswa, guru, dan pegawai. Harapannya kita mampu dalam penggunaan aplikasi Mendelay,” Ujar Suriani.

Dikutip dari beberapa sumber, aplikasi Mendelay adalah sebuah perangkat lunak yang berupaya mengintegrasikan kutipan dan referensi ke dalam sebuah jejaring sehingga peneliti dari berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan berbagi data penelitian.

Turut hadir saat acara pembukaan kepala perpustakaan Unilak Rismayeti,S.SOs .M.IP, Direktur Pascasarjana Unilak Prof.Dr.Sudi Fahmi dan sejumlah dosen unilak. (rls)

Baca Juga

Dosen Unilak Beri Penyuluhan Tentang Keamanan Instalasi Lisitrik Untuk Warga Rumbai

Riaupintar.id — Untuk memberikan keselamatan manusia dari bahaya kejut listrik, keamanan instalasi listrik beserta perlengkapannya, …