Selasa , 17 Mei 2022

Tujuh Hari Dibuka, 110 Siswa Telah Mendaftar di SMAN Plus Provinsi Riau

Kepala SMA Plus Riau, Andri Karmidi MPd

Riaupintar.id — Hingga Kamis 10 Maret 2022 atau pasca dibuka sejak tanggal 2 Maret 2022 lalu, sudah mendaftar sebanyak 110 orang dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN Plus Provinsi Riau.

Pendaftaran PPBD SMAN Plus Provinsi Riau berlangsung tanggal hingga 28 Maret 2022 mendatang.

Kepala SMAN Plus Provinsi Riau, Andri Karmidi MPd mengatakan berdasarkan data yang dihimpun, pendaftar yang menyerahkan berkas pendaftaran ke sekolah sebanyak 110 orang. Pendaftaran melalui pengiriman kantor Pos PO BOX 1447 Pekanbaru dan ada juga yang langsung datang ke sekolah.

“Bagi yang langsung, saat mendaftar, orang tua dan siswa harus menerapkan protokol kesehatan. Pendaftar berasal dari berbagai kabupaten/kota di Riau,” kata Andri, Jumat 11 Maret 2022 di Pekanbaru.

Dijelaskan Andri, Syarat mendaftar, nilai rapor SMP/MTs kelas VII dan nilai semester ganjil kelas IX dengan rata rara komulatif minimal 80. Kedua, tidak ada nilai rapor semester ganjil genap kelas VII serta kelas VIII dan semeter ganjil kelas IX dibawah 80 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Ketiga, tidak ada nilai rapor dibawah 75 untuk setiap mata pelajaran pada poin 2 yang dipelajari di SMP/MTs dari kelas VII dan kelas VIII (semester 1 dan 2 ) dan kelas IX (semeter 1). Terakhir, syaratnya nilai rapor yang dimaksud pada poin,1 2 dan 3 adalah rata rata gabungan antara nilai pengetahuan (kognitif) dengan nilai keterampilan (psikomotor) dan nilai sikap minimal baik.

Setelah mendaftar, sekolah menyeleksi administrasi apakah sesuai dengan syarat atau tidak. Seleksi administrasi tanggal 4 hingga 28 maret. Pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 5 april yang diumumkan di Kantor Disdik kabupaten kota masing masing atau melalui webside SMAN Plus Provinsi Riau. Seleksi akademis dilakukan tanggal 10 hingga 13 April disekolah dengan mengunakan sistem CBT.

“Hasil seleksi teks akademik akan diumumkan tanggal 21 april. Terakhir hasi seleksi Samaptaan (kesehatan, fisik, psikotes, wawancara dan kemampuan berbahasa inggris dilaksanakan tangga 17 hingga 20 mei. Untuk hasil akhir seleksi PPDB SMAN Plus rencananya diumumkan tanggal 31 mei,” ujar Andri.

Lebih lanjut Andri mengatakan bahwa jumlah peserta didik baru yang diterima tahun ini sebanyak 150 orang terdiri dari 99 putra dan 51 putri. Banyaknya jumlah siswa putra diterima dari siswa putri, disebabkan siswa putra mempunyai dua asrama.

“Sedangkan asrama putri hanya satu.” Jadi Itulah alasan kuota siswa putra lebih banyak diterima dari siswa putri,”pungkasnya.(rls/nik)

Baca Juga

Resmi Diluncurkan, Pergub Vokasi Bagian Menekan Angka Pengangguran Tamatan SMK

Riaupintar.id — Menjadi sebuah instrumen bagi pemerintah daerah dalam pelaksanaan penguatan pendidikan dan pelatihan vokasi …