Rabu , 25 November 2020

UIR Keluarkan Surat Edaran terkait Kewaspadaan Terhadap Virus Verona

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL.

Riaupintar.id –¬†Sehubungan dengan semakin merebaknya wabah virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia, Universitas Islam Riau (UIR) mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan dini.

Surat edaran yang ditandatangi Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi ini mengimbau civitas kampus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, agar terhindar dari virus berbahaya itu.

“Untuk antisipasi dini, kami mengimbau seluruh civitas UIR untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama di negara-negara terdampak virus Corona,” kata Rektor dalam surat edarannya.

Kemudian bagi civitas UIR yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama China, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman, Prancis Inggris Iran, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait dan Belanda harap membatasi interaksi dengan civitas Universitas Islam Riau lainnya maupun anggota keluarga selama 14 hari sejak kepulangan ke Indonesia.

“Jika dalam masa 14 hari tersebut mengalami demam, batuk, pilek, sesak dan lainnya untuk segera periksa ke Poliklinik Paru RSUD Arifin Achmad, dan mengirim hasil check up via email ke info@uir.ac.id,” harapnya.

Selain itu, Syafrinaldi juga meminta civitas UIR melakukan perilaku hidup sehat, dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh, dan minimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan.

“Kami juga minta civitas UIR dapat melindungi diri dan lingkungan dengan memakai masker, serta mengurangi interaksi dengan sesama civitas Universitas Islam Riau lainnya maupun anggota keluarga bagi yang mengalami gejala gejala influenza,” pintanya.

“Kemudian harus aktif melakukan upaya kewaspadaan influenza termasuk SARS dan Covid-19 di unit kerja masing-masing dengan melakukan penyebaran penyebaran informasi (literasi kesehatan) tanpa membuat panik,” sambungnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun berbasis alkohol di setiap ruangan atau tempat-tempat strategis.

“Kami juga membuat ketentuan agar cleaning service lebih sering membersihkan tempat-tempat yang sering terpegang tangan, seperti meja terutama pada ruang ruang rapat gedung gagang pintu gagang jendela papan tombol lift pegangan/rel tangga dan lainnya dan lain-lain dengan disinfektan (laurat kaporit 0,1 persen sesuai standar WHO),” terangnya.

“Kami harap surat edara ini menjadi perhatian bersama civitas UIR, untuk pelaksanaan kegiatan pencegahan dan kewaspadaan dini terhadap Covid-19,” tutupnya. (rls)

Baca Juga

Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan, Unilak Jalin Kerjasama dengan P3A2P2KB

Riaupintar.id — Sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Lancang Kuning (Unilak) terus …