Kamis , 28 Oktober 2021

UIR Lepas Wisudawan dengan Peserta Terbanyak, Bupati Kampar Ikut Diwisuda

Riaupintar.id — Universitas Islam Riau (UIR) Sabtu 25 September 2021 menggelar Rapat Senat Terbuka, Wisuda Sarjana dan Ahli Madya periode ke II tahun 2021, prosesi wisuda kali ini tercatat dengan jumlah peserta terbanyak yakni mencapai 2.034.

Dalam prosesi wisuda yang berlangsung secara daring dan disiarkan melalui youtube UIROfficial sejak pukul 08.30 wib itu juga turut mewisuda Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, yang menyelesaikan studi starata Dua di bidang Ilmu Hukum.

Rapat senat dibuka langsung oleh Rektor UIR, Prof DR H Syafrinaldi SH., MCL, dan digelar secara terbatas karena hanya dihadiri 52 wisudawan tanpa kehadiran keluarga wisudawan. Rektorat UIR tidak melibatkan orangtua wisudawan untuk menghindari kerumunan.

Setelah mengikuti acara seremonial, satu persatu wisudawan dipanggil ke depan. Baik wisudawan maupun dekan-dekan yang hadir menggunakan sarung tangan. Namun, usai pemindahan kuncir, salaman dilakukan tanpa bersentuhan. Begitu pula ketika wisudawan menerima ijazahnya.

Dalam sambutannya, Rektor UIR menjelaskan bahwa dari wisudawan yang dikukuhkan, 11 orang di antaranya merupakan ahli madya (D3). Kemudian, 1.873 sarjana (S1) dan 150 lulusan program magister (S2).

“Ini merupakan wisuda terbesar jumlahnya selama UIR berdiri sejak tahun 1962. Mudah-mudahan para wisudawan bisa menjadi kebanggaan dan duta-duta UIR yang tersebar di 42 Prodi,” kata Syafrinaldi.

Hingga saat ini, jumlah alumni UIR sudah mencapai 61.665 orang. Mereka semua tersebar dan berkarya di sejumlah tempat. Dia berharap, lulusan yang diwisuda saat ini juga mampu menggunakan ilmu yang dapat di bangku kuliah dimanapun mereka berada.

Rektor dikesempatan itu juga memaparkan berbagai capaian yang diraih civitas akademika. Baik dosen maupun mahasiswa. Di antaranya, ada 31 dosen dan mahasiswa berangkat ke Amerika Serikat untuk membawa nama baik almamater ke kancah internasional.

Kemudian, dari 43 Prodi di UIR, 10 di antaranya telah berakreditasi A. Lalu 21 prodi berakreditasi B , 2 terakreditasi baik sekali dan 9 berakreditasi baik. Sementara, Prodi Doktor Ilmu Hukum belum terakreditasi karena memang baru dibuka.

Kemudian Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam dan Fisipol sudah tersertifikasi ISO 9001:2015. “Mudah-mudahan ke depan semakin banyak Prodi yang mendapat sertifikasi yang diakui secara internasional,” tuturnya.

Sementara, Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, DR. H. Nurman, S.Sos., M.Si mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Nurman juga meminta kepada wisudawan untuk istiqomah mempertahankan karakter personaliti dan profesionalnya.

Wisudawan juga diharapkan bisa mempertahankan dan meningkatkan kemampuan menggunakan teori atau regulasi yang relevan dengan bidang yang sedang dihadapi. Kemudian meningkatkan kemampuan memahami, menggunakan dan menilai serta mengatasi masalah dengan cara kerja teknologi kekinian.

“Tingkatkan kemampuan saudara dalam berkomunikasi, bekerjasama, berpikir kreatif, kritis dan inovatif. Serta meningkatkan kemampuan saudara mengambil keputusan yang tepat dan benar,” tutur Nurman.

Sementara, Catur Sugeng Susanto yang menyampaikan pesan dan kesan atas nama wisudawan berterimakasih kepada para dosen dan pihak kampus yang membimbing dan memberikan ilmu kepada mereka. Catur juga mengajak semua wisudawan untuk terus belajar menambah pengetahuan ke tingkat yang lebih tinggi.

“Terimakasih kami haturkan kepada pihak UIR khususnya para Dosen-dosen di Program Pascasarja yang telah membimbing saya hingga mampu menyelesaikan perkuliahan, nesji ditengah kesibukan sebagai Bupati Kampar. Kepada rekan-rekan wisudawan, semoga bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh dengab baik dan jangan pernah berhenti untuk menuntut ilmu,” pungkasnya. (nik)

Baca Juga

Resmi Dimulai, Bulan Bahasa 2021 Himaprodi PBSI Digelar Secara Online

Riaupintar.id — Gelaran Bulan bahasa 2021 Himaprodi PBSI Universitas Riau, Ahad 17 Oktober 2021 resmi …