Kamis , 19 Mei 2022

UMC Hadir, kini Masyarakat Rumbai Semakin Banyak Pilihan Berobat

Riaupintar.id — Ditandai dengan pembukaan slubung papan nama yang terpasang di gedung, Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Dr. Irwan Effendi dan Rektor Unilak Dr. Junaidi. M. Hum meresmikan beroperasinya klinik Unilak Medical Centre, (UMC) Selasa 9 Nopember 2021.

Saat itu semua tamu dan undangan yang hadir turut mendoakan agar UMC berjalan baik dan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Klinik UMC berada di jalan Umban Sari letaknya strategis tidak jauh dari gerbang pintu masuk Unilak, dan bersebelahan dengan bank BPR Syariah Hasanah. Bangunan UMC seluas sekitar 15x 12 Meter, di awal berdiri tersedia layanan poli umum, apotek, poli gigi, IGD dan lain-lain.

Saat peresmian turut hadir Camat Rumbai, jajaran lurah, mitra perbankan, dan tokoh masyarakat. Sementara dari Unilak hadir Wakil Rektor I Zamzami. S. Kom. M. Kom, Wakil Rektor II Hardi SE. MM, Wakil Rektor III Dr. Bagio Kadaryanto. SH. MH, kepala kerjasama dan urusan internasional Dr. Adofl Bastian, jajaran dekan se lingkungan Unilak.

“Berdirinya UMC merupakan upaya untuk mendukung mewujudkan Unilak unggul 2030. Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Rumbai, hari ini telah beroperasi klinik, kami menyebutnya Unilak Medical Centre. Selain melayani keluarga besar Unilak, UMC juga melayani masyarakat umum/Rumbai. Kami ingin berkontribusi bagi masyarakat untuk memberikan layanan kesehatan,”ujar Dr. Junaidi.

Junaidi pun berharap masyarakat Rumbai dapat mendukung berdirinya klinik ini. “Kami juga mohon dukungan masyarakat, camat, lurah, camat, dan tokoh masyarakat untuk beroperasi klinik ini. Kami bercita-cita akan mendirikan rumah sakit type c disekitar Rumbai, mudah- mudahan bisa terwujud,”ajaknya.

Sementara, Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Haji Prof. Dr. Irwan Effendi mengatakan UMC sudah lama dinantikan kehadirannya, “Alhamdulillah sudah beroperasi hari ini di cuaca yang cerah,” kata Dia.

Dikatakan Prof. Irwan sebagai yayasan yang menaungi Unilak kehadiran UMC patut disyukuri.

“Sejak 20 tahun lalu saat saya rektor disini, dan sekarang menjadi ketua yayasan, akhirnya Unilak mendirikan layanan kesehatan (UMC), alhamdulillah hari ini telah berdiri layanan kesehatan, dan bank. Yayasan sangat senang sekali kehadiran UMC, mudah-mudahan kedepannya kita bisa membuka fakultas kedokteran, insyallah kita juga bisa membuka rumah sakit type C, dan di Rumbai belum ada rumah sakit yang besar dan sangat cocok hadirnya rumah sakit di sini,” jelasnya.

Ketua yayasan pun berpesan agar UMC dijalan dengan baik. ” Mudah-mudahan umur kita panjang kita juga bisa melihat kehadiran rumah sakit dan fakultas kedokteran yang di impikan. Terima kasih kepada Unilak turut serta membangun SDM kesehatan dalam rangka meningkatkan taraf hidup,”ujar Irwan.

Usai peresmian ketua yayasan, Rektor dan direktur klinik meninjau layanan dan fasilitas yang tersedia serta berdialog dengan tenaga kesehatan dan perawat.

Beroperasinya klinik UMC mendapatkan apresiasi dari camat Rumbai, ditemui usai peresmian Veni Herliza menyebutkan kehadiran UMC sedikit banyak membantu pemerintah dalam hal memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kami berharap berjalan dengan lancar, mendapat berkah Allah SWT dan manajemen bisa langsung untuk mensosialisasikan ke masyarakat dan kami siap untuk membantu mensosialisasikan.

Ketika ditanya terkait dengan bentuk bangunan dan fasilitas yang tersedia, ia pun memberikan apresiasi. “Saya lihat untuk level klinik sudah sangat memadai, dari bentuk gedung, fasilitas, semua ruangan sudah dimanfaatkan secara maksimal tinggal kita meningkatkan kualitas SDM, kualitas layanan kepada masyarakat harus kita perhatikan untuk kedepan, secara fisik luar biasa selamat untuk Unilak.” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur klinik Zulia Khairani SE. MM, ia berharap kehadiran UMC bisa bermanfaat di sekitar Rumbai. Dirinya pun berkomitmen kedepan UMC akan terus mengembangkan berbagai layanan kesehatan kepada masyarakat seperti poli spesialis, apotek mandiri, praktek spesialis.

“Kita akan survei lagi layanan spesialis mana yang dibutuhkan masyarakat Rumbai, saat ini yang sudah ada poli umum, dokter umum, apoteker, kedepannya juga nanti ada pelayanan khitan, pemeriksaan kesehatan, IGD sudah ada, dan saat ini layanan operasional dari jam 8-21.00 malam,” ujanya menjelaskan.

Saat peresmian pembukaan klinik, UMB juga memberikan pelayanan vaksinasi dan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Untuk pelaksanaan vaksinasi mendapatkan dukungan dari polda Riau, dan sebanyak lebih dari 100 warga melakukan vaksinasi di hari berdirinya UMC.(rls)

Baca Juga

UTBK Gelombang Pertama Dilaksanakan 17 Mei 2022

Riaupintar.id — Sebagai salah satu Pusat Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk …