Selasa , 17 Mei 2022

Unilak dan SMAN 6 Pekanbaru Jalin Kerjasama dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Riaupintar.id — Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Pekanbaru sepakat untuk berainergi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini. Wujudnya dituangkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Senin 10 Januari 2022.

Penandatangan kerjasama tersebut langsung dilakukan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi MHum dengan Kepala Sekolah SMAN 6 Dra Zurina MM. Sekitar 120 siswa kelas 12 menjadi saksi atas terlaksana kerjasama yang dilakukan.

Turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal MPd, Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara MKom dan sejumlah guru SMA.

Rektor Junaidi dalam sambutanya menyebutkan sebagai perguruan tinggi di Riau Unilak telah memiliki 9 Fakultas dengan 19 program studi yang telah berakreditasi A dan B.

“Pendidikan adalah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dengan pendidikan yang lebih tinggi SDM SDM Indonesia akan mampu berkompetisi dengan bangsa lain. Kami yakin dan percaya siswa-siswa SMA Pekanbaru adalah calon-calon orang suskes, dan pemimpin masa depan bangsa,” ujar Junaidi.

Dalam kesempatan itu Junaidi juga memberikan motivasi kepada siswa-siswa untuk dapat terus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Bahwa sejak bangku sekolah harus telah memutuskan kemana akan melanjutkan pendidikan, apakah ingin wirausaha atau kuliah.

Dijelaskannya, kemanapun adik adik kuliah itu sesuaikan dengan minat, pelajari mana yang cocok, Unilak juga ada berapa jurusan kalau anda tertarik silakan mendaftar, kalau anda ingin lebih, bisa ke Jawa.

“Jadi yang terpenting saya ingatkan adalah semangat untuk kuliah itu, jika ada perbedaan dengan pilihan orang tua maka solusinya adalah dialog dan komunikasi. Ketika target utama tidak tercapai maka perlu rencana B, C. Ketika tidak lulus PTN maka bisa ke PTS,” jelasnya.

“Saya sama seperti adik adik, tamat SMA tahun 94, di kelas satu belum berencana kuliah, tapi ketika kelas dua saya rencanakan kuliah, dan target saya pilihan pertama bisa kuliah di Jogja dan plan B di Bandung, akhirnya S1 di Unpad Bandung dan S2 di UGM Yogyakarta,” sambung Rektor Junaidi.

Junaidi juga mengingatkab bahwa perlu ditanamkan dalam hati untuk kuliah, bahwa persaingan zaman hari ini luar biasa jadi harus mempersiapkan sejak dini.

“Ingat persoalan kuliah di perguruan tinggi bukan semata-mata persoalan tidak ada uang orang tua tidak mampu bukan itu. jika keinginan kuat ya pasti ada jalan,” ungkapnya.

Sementara Kepala SMAN 6 Zurina mengucapkan terima kasih kehadiran Rektor Unilak ke sekolah, kedatangan Rektor Unilak diharapkan bisa memberi sebuah inspirasi dan semangat buat siswa-siswa kami untuk melanjutkan kuliah.

“Hari ini kita kedatangan tamu luar biasa, seorang Rektor dan SMA Negeri 6 perdana di kunjungi oleh Rektor, yaitu Doktor Junaidi,” ujarnya memulai sambutan.

Disebutkan Zurina, SMAN 6 ada 36 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 1056 orang yang terdiri dari kelas 10-12. Disini yang paling banyak itu siswi putri. SMAN 6 Pekanbaru telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai sekolah Adem (Afirmasi Pendidikan Menengah) bersama dengan beberapa sekolah yang ada di Pekanbaru.

“Jadi siswa-siswi Adem ini berasal dari 12 Kabupaten di Riau, mereka adalah siswa siswi yang berprestasi tapi punya keterbatasan di bidang finansial dan ekonominya yang kami harapkan mungkin juga siswa-siswi yang lain nanti bisa melanjutkan kuliah di Unilak karena banyak jurusan-jurusan yang ada di sana,” sebutnya.(rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …