Rabu , 25 November 2020

Unri-Kejati Perpanjang Kerja Sama

Riaupintar.id — Universitas Riau (Unri) melakukan perpanjangan kerjasama yang telah terjalin melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau, Kamis Kamis 27 Februari 2020. Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini dilakukan dengan Dua Fakultas yakni Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unri.

“Kerja sama Unri dengan Kejati ini adalah kerja sama untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi antara Kejati dan Unri,” jelas Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA.

Adapun ruang lingkup kerjasama yang dilakukan menurut Rektor meliputi, pemberian dukungan data dan atau informasi, pengamanan pembangunan strategis, pemberian bantuan hukum litigasi maupun non litigasi, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, koordinasi dan optimalisasi kegiatan pemulihan dan pelacakan asset, permintaan keterangan saksi atau ahli terkait penanganan perkara pidana maupun perdata dan Tata Usaha Negara.

Selain itu juga dilakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain melalui kegiatan bimbingan teknis, workshop, seminar dan sosialisasi dan Pelaksanaan monitoring dan evaluasi, komunikasi, serta diskusi secara rutin dan berkala. Kerjasama ini juga untuk peningkatkan dan pengembangan dalam hal Pengabdian Kepada Masyarakat serta Pengabdian dalam bentuk penyuluhan hukum.

“Perluasan kerja sama ini juga meliputi pelaksanaan pelatihan dan pengembangan kemampuan bahasa Inggris bagi pegawai Kejati Riau, permintaan tenaga pengajar untuk mata kuliah sesuai kebutuhan, tenaga pengajar dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui Kejaksaan sebagai Ahli berupa Pemberian Keterangan Ahli (Legal Opinion) dalam perkara yang sedang ditangani oleh Kejaksaan, baik tingkat penyidikan maupun pemeriksaan dibidang penyidikan,” uarai Rektor.

Begitu juga Unri melalui FKIP dikatakan Rektor dapat meminta SDM yang ada pada Kejaksaan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau sebaliknya. Kepada pegawai dilingkungan Kejati juga diberikan akses untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan FKIP.

“Selain itu, juga bisa dilakukan permintaan tenaga pengajar untuk mata kuliah Hukum Pidana Formil maupun Materiil atau mata kuliah lainnya sesuai kebutuhan. Tenaga Pengajar Fakultas Hukum melakukan pengabdian masyarakat selaku Ahli berupa Pemberian Keterangan Ahli dalam perkara yang sedang ditangani oleh Kejaksaan, baik tingkat penyidikan maupun pemeriksaan dibidang penyidikan,” jelasnya lagi.

Dengan Fakultas Hukum, dapat pula meminta SDM yang ada pada Kejaksaan, untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat atau sebaliknya, memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Hukum untuk melakukan magang di lingkungan Kejaksaan Tinggi Riau, dan Fakultas Hukum dapat memberikan akses kepada Pegawai di lingkungan Kejaksaan untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan Fakultas Hukum.

“Kita berharap, melalui kerja sama ini, kedua lembaga saling bersinergi untuk membangun kearah yang lebih baik lagi,” tutur Rektor Unri.

Pada penandatangan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Dr Mia Amiati SH MH, Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Dekan FKIP Unri Prof Dr Mahdum MPd, Dekan FH Unri Dr Firdaus MH. Turut hadir wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unri Prof Dr Sujianto MSi, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi Unri Prof Dr Syaiful Bahri MS serta jajaran pimpinan Akademika Unri dan Kejaksaan Tinggi Riau. (rls)

Baca Juga

Mantap, Unilak Raih Anugerah KI Award untuk Ketiga Kalinya

Riaupintar.id — Untuk ketiga kalinya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) kembali meraih anugerah Komisi Informasi (KI) …