Minggu , 19 September 2021

Unri Kembangkan Peluang Kewirausahaan Bagi Mahasiswa di Masa Pendemi

Riaupintar.id — Laju perkembangan zaman yang semakin berkembang saat ini, menuntut orang untuk lebih tanggap dalam beradaptasi dengan masyarakat sosial. Perkembangan ilmu teknologi, sosial bahkan ekonomi sangat menentukan kesejahteraan masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Namun banyaknya jumlah pengangguran serta lapangan kerja yang tersedia masih minim di Indonesia merupakan hambatan yang besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Kekuatan suatu negara atau wilayah perlu didukung oleh seluruh elemen yang ada. Maka hadir konsep “Pentahelix” dimana unsur pemerintah, masyarakat, kominitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu untuk meningkatkan pembangunan. Hal ini disampaikan Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi pada ajang Festival Kreatif Mahasiswa dan Peresmian Cchevron Corner secara hybrid atau kombinasi daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) di Gedung Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNRI.

Kegiatan kewirausahaan selalu dikembangkan di lingkungan mahasiswa UNRI sejak dulunya. Pengembangan ini mengingat pentingnya berwirausaha dan pengembangan karir bagi mahasiswa. “Pada rentang dua tahun ini, pihak Kementerian kembali memperkuat pentingnya wirausaha dan pengembangan karir bagi mahasiswa ini dengan munculnya kampus merdeka belajar,” ujar Rektor pada kegaitan yang dilaksanakan Selasa 3 Agustus 2021.

“Konsep kampus merdeka, bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil serta diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa satu semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan dua semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi dalam arti pengembangan kewirausahaan.

“Kerja sama UNRI dengan Caltex Pacific Indonesia (CPI-saat ini disebut PT Chevron-red) sudah lama dilakukan dalam berbagai hal, di antaranya dalam pengembangan karir mahasiswa, beasiswa, inkubator, pengembangan kewirausahaan, dan termasuk CPI dalam menunjang Balai Bahasa UNRI yang masih kita manfaatkan hingga kini,” jelas Rektor.

“Melalui kegiatan penunjang pada aktifitas wirausaha dalam bentuk acara pekan kreatif mahasiswa ini, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam hal kewirausahaan dan mengambil peluang dalam kondisi pandemi saat ini untuk diangkat,” jelas Guru Besar Perikanan dan Kelautan ini menyampaikan.

Selain itu tambah Rektor, seiring dengan di resmikannya juga Chevron Corner pada momentum ini, diharapkan juga dapat menjadi media informasi bagi publik secara luas dan masyarakat kampus bagaimana kegiatan-kegiatan pendukung yang dilaksanakan oleh Chevron. Informasi ini dapat dijadikan oelh para mahasiswa dan dosen untuk menjadikan best practice untuk dikembangkan pada pihak lain.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPPMP UNRI Prof Dr Zulkarnain MM, menyampaikan program kemitraan dengan PT Chevron ini sangat membantu kinerja UNRI terkait seberapa banyak mahasiswa UNRI yang berwirausaha, serta penyediaan peluang melaksanakan pelatihan soft skill bagi mahasiswa dalam hal ini muncul mahasiwa yang bisa berwirausaha, ungkapnya.

“Selain itu, dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan hari ini, juga diumumkan pemenang lomba pekan kreatif wirausaha. Lomba ini dilakukan untuk memunculkan wirausaha dari kalangan mahasiswa dan diharapkan tidak hanya bekerja di perusahaan. Lomba kewirausahaan ini juga terus di pacu melalui kerja sama berbagai pihak untuk mendorong munculnya wirausaha muda. Dari hasil ini, juga dapat memberikan pengembangan inkubator bisnis UNRI untuk segera dapat dimanfaatkan secara optimal,” jelas Zulkarnain.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni, Prof Dr Iwantono Mphil, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Prof Dr Syaiful Bahri MSi, Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahan (P2K2) Dr Alvi Furwanti SE MM CMM, Deputi P2K2 Ir Sukemi Indra Saputra, PT Chevron Suyanto, dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Arilda Septania Wisudawati.

Pada akhir kegiatan, Ketua P2K2 UNRI Dr Alvi Furwanti SE MM dan Deputi P2K2 Ir Sukemi Indra Saputra mengumumkan pemenang pembuatan Video Kategori Wirausaha Kampus Pemula yang diperoleh oleh Lady Asia melalui video Nugget Asli Biji Mangga, dan kategori Wirausaha Kampus Berpengalaman diperoleh oleh Solihi melalui video D’Jamuran Pekanbaru. (rls)

Baca Juga

Kado Milad ke-59, Rektor UIR Dukung Rencana YLPI Dirikan Rumah Sakit

Riaupintar.id — Rencana Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau untuk mendirikab Rumas Sakit di Jalan …