Jumat , 1 Juli 2022

UNRI Lakukan Pemusnahan Arsip Inaktif

Riaupintar.id — Bertempat di ruangan aula Siak Indrapura Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Universitas Riau (Unri), Selasa 21 Juni 2022 melaksanakan kegiatan Pemusnahan Arsip Inaktif tahun 1999, hingga arsip tahun 2011. Pemusnahan arsip merupakan salah satu program untuk mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan di instansi.

“Pemusnahan arsip ini bukan sekedar untuk mewujudkan efisiensi dan efektifitas. Pemusnahan arsip juga merupakan upaya untuk menjaga keamanan informasi yang terkandung dalam arsip dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNRI Prof Dr Sujianto MSi, usai kegiatan.

Dikatakan, pemusnahan arsip ini merupakan salah satu bentuk penyusutan yang sesungguhnya karena dari program tersebut kekayaan instansi secara fisik maupun informasi berkurang. Selain itu, Pemusnahan arsip merupakan kegiatan yang tidak sederhana dan memerlukan kehati-hatian karena menyangkut penghapusan dokumen.

Lebih lanjut ujar Guru Besar Bidang Administrasi ini, menyebutkan namun demikian hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak melakukan pemusnahan karena memusnahkan arsip adalah kewajiban setiap instansi.

“Semoga melalui program pemusnahan arsip, maka ada jaminan arsip statis akan terseleksi dan selanjutnya dapat dilestarikan sebagai memori organisasi. Dengan pemusnahan juga akan terselamatkan arsip dari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya. (rls)

Baca Juga

Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 di Tutup 27 Juni, Segera Mendaftar

Riaupintar.id – Universitas Riau (UNRI) masih membuka peluang bagi yang berminat untuk melanjutkan studi ke …