Minggu , 13 Juni 2021

UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan Kepada 41 Mahasiswa

Riaupintar.id — Sebanyak 41 orang Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) kembali menerima bantuan pendidikan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIR, penerima adalah mereka yang mengalami kesulitan dalam  pembayaran uang kuliah.

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL itu berlangsung secara virtual dari lantai II Gedung Rektorat UIR pada Senin 6 Juni 2021.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Dr Ir H Asrol, Wakil Rektor III Ir H Rosyadi, Ketua UPZ Dr Anton Afrizal Candra MSi, Kepala Biro Keuangan Dr Azwirman SE MAcc CPA dan petugas Bagian
Pengumpulan dan Pendistribusian Unit Pengumpul Zakat UIR serta mahasiswa perwakilan penerima bantuan pendidikan.

Ketua UPZ Anton Afrizal Candra menyatakan, dana yang bersumber dari zakat, infak dan shodaqoh Civitas Akademika di lingkungan Universitas Islam Riau itu diberikan kepada 41 mahasiswa dari sembilan fakultas. Jumlah ini meningkat dibandingkan penyaluran pada periode sebelumnya.

”UPZ berharap tahun-tahun mendatang jumlah bantuan pendidikan dapat terus ditingkatkan seiring dengan bertambahnya jumlah muzakki dan jumlah munfiq. Dewasa ini dana UPZ terkumpul sebesar Rp 160.000.000.

Di era Pandemi Covid-19, lanjut Anton, bantuan pendidikan bagi mahasiswa sangat berarti dalam upaya meringankan beban orangtua. Kita sudah menghadapi situasi sulit akibat viruscorona lebih dari satu tahun. Karenanya, lanjut Anton, melalui UPZ mari sama-sama kita bantu mahasiswa dengan menyalurkan bantuan pendidikan.

Keberhasilan UPZ dalam menghimpun dana zakat, ditambahkan Anton, merupakan kerja keras dari seluruh pengurus yang telah meluangkan waktu dan motivasi yang diberikan Rektor serta pimpinan UIR lainnya dalam kegiatan penghimpunan dan pendistribusian bantuan pendidikan.

Rektor Universitas Islam Riau Syafrinaldi mengapresiasi kinerja UPZ UIR dimana pada tahun ini jumlah muzakkinya telah mencapai 144 orang. Rektor menghimbau agar civitas akademika yang belum terdaftar sebagai muzakki hendaknya segera mendaftarkan diri ke Unit Pengumpul Zakat.

“Kami akan terus mendukung kegiatan UPZ dan berdoa agar para muzakki selalu sehat, diberi kelapangan rezeki dan diberkahi oleh Allah SWT. Bagi yang belum saya himbau untuk segeralah tunaikan zakat, infak dan sodaqohnya melalui perantara UPZ. Kalau bukan kita siapa lagi, tegas Rektor UIR sebelum penyerahan bantuan pendidikan secara simbolis kepada mahasiswa.

Kepada mahasiswa penerima bantuan, Rektor berpesan bahwa ini merupakan amanah yang harus digunakan sebaik mungkin.

”Dengan adanya bantuan ini diharapkan mahasiswa terus meningkatkan semangat belajar, dapat menyelesaikan studinya tepat waktu serta menjaga nama baik kampus Universitas Islam Riau,” ujar Rektor berpesan. (rls)

Baca Juga

Bersama LPPM, Dosen FH Unilak Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Umban Sari Pekanbaru

Riaupintar.id — Gandeng LPPM, Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Lancang Kuning (Unilak) melakukan Pengabdian di …