Selasa , 17 Mei 2022

UTBK Gelombang Pertama Dilaksanakan 17 Mei 2022

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr H M Nur Mustafa MPd

Riaupintar.id — Sebagai salah satu Pusat Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingg Negeri (SBMPTN) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ikut menyelenggarakan UTBK dan berada di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Universitas Riau (UNRI) telah mempersiapkan segala sesuatunya baik sarana dan prasarana dalam melaksanakan UTBK.

Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menjelaskan, untuk pelaksanaan UTBK ini dilaksanakan dalam Dua gelombang, gelombang pertama diadakan 17-23 Mei 2022.

“Untuk gelombang kedua dimulai tanggal 28 Mei-3 Juni 2022 dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi setiap harinya. Pada periode ini, peserta UTBK yang mengikuti ujian di lokasi Pusat UNRI UTBK-SBMPTN ini, sebanyak 20.799 orang. Tentunya UNRI siap melaksanakan UTBK, dari aspek sarana maupun prasarana, serta menyesuaikan protokol kesehatan,” jelas M Nur, Rabu 11 Mei 2022.

Lebih lanjut M Nur menyampaikan, untuk pelaksanaan UTBK tahun ini tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, termasuk penerapan protokol Covid-19. “Pelaksanaan ujian UTBK-SBMPTN tahun ini (2022-red), peserta masih wajib mengikuti protokol Covid-19 yang ditetapkan Panitia. Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi akan munculnya Covid-19 pada penyelenggaraan ujian ini,” ujar Guru Besar Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

“Kepada peserta ujian, diharapkan mempersiapkan perlengkapan yang perlu dibawa pada saat UTBK SBMPTN 2022, Pertama, Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022, Kedua, fotokopi ijazah yang berlegalisir atau surat keterangan kelas 12 asli yang telah ditandatangani kepala sekolah dan tercantum nama, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto tiga bulan terakhir, Ketiga, Identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar, dan Keempat, Masker yang dikenakan saat di lokasi ujian,” ingat Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI ini.

Terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini, UNRI bekerja sama dengan mitra, diantaranya Universitas Muhammadiyah Riau, STMIK Amik Riau, SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 3 Pekanbaru, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru, dan SMK Labor Binaan FKIP UNRI.

Tambahnya, untuk mengantisipasi kendala keterlambatan peserta pada saat menuju lokasi ujian yang telah ditentukan, Panitia menghimbau kepada agar peserta sebisa mungkin mengecek dulu lokasi ujian minimal sehari sebelum pelaksanaan ujian. Sementara itu, peserta juga wajib hadir 45 menit bahkan 1 jam sebelum pelaksanaan UTBK ini.

“Di kartu tanda peserta UTBK tertulis dengan tanda merah himbauan untuk mengecek lokasi dan hadir lebih awal di lokasi ujian. Semua itu agar peserta bisa mengetahuinya dan bisa mengantisipasi keterlambatan dan salah lokasi,”ujarnya.

“Perlu kami diingatkan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN sesi petama akan dilaksanakan pada pukul 06.45-10.30 sementara sesi kedua dimulai pada pukul 13.00-16.45. Khusus sesi kedua pada hari jumat dimulai pada pukul 13.45-17.40. Sementara itu, untuk ujian campuran dilaksanakan pada pukul 06.45-13.25. Untuk mengantisipasi keterlambatan bisa hadir 1 jam sebelum ujian tentu akan lebih baik dan lebih santai, tidak terburu-buru, sehingga bisa tenang saat ujian,”sambung M Nur.

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI ini juga menghibau kepada Pegawas, Penanggung Jawab Lokasi (PJL), Wakil Penanggung Jawab Lokasi (WPJL), Operator Admin Server, dan Teknisi agar dapat hadir pada kegiatan pembekalan petugas pada hari Kamis 13 Mei 2022 nanti pada pukul 09.00 terkait dengan arahan dan penyampaian materi tentang teknis pelaksanaan kerja sebagai pembekalan dalam pelaksanaan UTBK nantinya.

“Nanti panitia akan mengirimkan link zoom untuk peserta yang akan mengikuti kegiatan pembekalan ini nantinya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menyukseskan untuk pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 ini, semoga calon mahasiswa ini berhasil serta menjadi harapan bangsa kedepan,” tutupnya. (rls)

Titik Lokasi Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2022:
1. Universitas Riau
Kampus Bina Widya KM. 12,5 Simpang Baru

2. Fakultas Keperawatan Universitas Riau
Jalan Patimura, Cinta Raja, Kec. Sail

3. Fakultas Kedokteran Universitas Riau
Jalan Diponegoro No. 1, Suka Mulia, Kec. Sail

4. Universitas Muhammadiyah Riau
Simpang Komersil Arengka (SKA, Jl. Tuanku Tambusai, Delima, Kec. Tampan

5. STMIK Amik Riau
Jalan Purwodadi Indah, RW. 10, Sidomulyo Barat, Tampan

6. SMKN 2 Pekanbaru
Jalan Pattimura No. 14, Cinta Raja, Kec. Sail

7. SMKN 3 Pekanbaru
Jalan Dr. Sutomo No. 110, Suka Mulia, Kec. Sail

8. SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 90, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi

9. Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Jalan Srikandi. Kec. Tampan. Pekanbaru.

10. SMK Labor Binaan FKIP UNRI
Jalan Thamrin No. 97, Suka Maju, Kec. Sail

Baca Juga

Gubri Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Tadjid Center UMRI

Riaupintar.id — Proses pembangunan gedung Tadjid Center kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dimulai dengan dilakukannya …