Rabu , 30 September 2020

Versi Lembaga Internasional, Unilak Peringkat 191 di Indonesia

Riaupintar.id — Berdasarkan pemerangkatan yang dilakukan oleh Lembaga direktori pendidikan internasional UniRank, dari 570 Perguruan Tinggi di Indonesia, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Provinsi Riau, berada di peringkat 191, ditempat pertama ditempati UGM.

UniRank merilis daftar pemeringkatan universitas seluruh dunia lebih dari 13.600 universitas di 200 negara yang masuk basis data mereka, termasuk di Indonesia. Di Situs 4icu.org, untuk negara Indonesia UniRank memuat daftar peringkat 572 perguruan tinggi di Indonesia.

Jika dilihat berdasarkan Provinsi di Riau, hanya beberapa perguruan tinggi yang masuk diantaranya Uir, Unilak, UPP dan lainnya.

Dilihat di situs tersebut, pemeringkatan berdasarkan metrik web yang valid, tidak memihak dan tidak dapat dipengaruhi. Data tersebut disediakan oleh sumber-sumber web independen, bukan data yang dikirimkan oleh universitas.

Masuknya unilak di peringkat 191 tentu disambut baik. Di hubungi terpisah Wakil Rektor I Unilak Bidang Akademik, Zamzami S.Kom, MKom mengatakan, informasi pemeringkatan ini tentunya sangat baik, ini bisa jadi informasi awal bagi calon mahasiswa, masyarakat, orang tua untuk dapat memilih Unilak untuk kuliah.

“Jika dilihat, jumlah perguruan tinggi di Indonesia di bawah kementerian pendidikan dan kementerian agama lebih dari 4500 perguruan tinggi, artinya tidak banyak yang masuk pemeringkatan oleh UniRank, dan perlu diketahui juga, beberapa bulan lalu Unilak masuk peringkat utama kategori perguruan tinggi bidang penelitian yang dikeluarkan oleh Dikti ” ujar Zamzami.

Dijelaskan Zamzami, ini merupakan kabar baik terlebih saat ini sedang menerima mahasiswa baru, Unilak akan terus meningkatkan kualitas, penelitian, jurnal, dan lain lain. Jika dilihat Unirank (4icu.org ) menilai berdasarkan data-data digital, tentunya ini akan menjadi tolak ukur bagi Unilak untuk terus meningkatkan teknologi informasi berbasis digital.

Sebagai informasi tambahan, UniRank menjelaskan syarat perguruan tinggi untuk masuk seleksi adalah perguruan tinggi mendapatkan akreditasi dari lembaga sah di masing-masing negara. Kedua, perguruan tinggi harus mempunyai program S1 dan pascasarjana, serta kuliah dilakukan dengan metode tatap muka.

UniRank mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas yang diakui secara resmi di 200 negara.(rls)

Baca Juga

Di Danau Tiga Mata Air Kuansing, Faperta UIR Tebar Bibit Ikan

Riaupintar.id — Terdiri dari 9.000 benih ikan baung dan 1.000 benih ikan puyu. Fakultas Pertanian …