Selasa , 13 April 2021

Wakil Rektor I Zamzami Resmikan PAUD Terpadu FKIP Unilak

Riaupintar.id — Diberinama Unilak Holden School (UGS) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, dirikan PAUD Terpadu, yang dikelola Program Studi PG PAUD FKIP Unilak.

PAUD UGS Terpadu yang berada di komplek Unilak ini terdiri dari tempat penitipan anak, kelompok bermain, dan taman kanak kanak. Bagunan yang dipakai memanfaatkan gedung di samping gedung klinik kesehatan, letakanya tidak jauh dari jalan Umban Sari.

Peresmian Paud Terpadu UGS dilakukan oleh Wakil Rektor I Unilak Zamzami.S.Kom.M.Kom, dihadiri Wakil Rektor II Hardi SE.MM, wakil rektor III Dr. Bagio Kadaryanto.SH.MH, Dekan FKIP Unilak Dr. Herlinawati, Dekan Fasilkom, Dekan FIA, wakil dekan, dosen dan kepala lembaga di Unilak.

Peresmian ditandai dengan pembukaan papan nama UGS, dilanjutkan dengan doa bersama demi kelancaran dan keberhasilan PAUD UGS Unilak.

Zamzami dalam sambutanya mengatakan, ini telah lama direncanakan dan akhirnya FKIP mendirikan PAUD terpadu dan ini menjadi unit usaha dari fakultas, ini adalah terobosan baru dari FKIP, dan patut di apresiasi.

“Alhamdulillah hari ini telah resmi berdiri PAUD terpadu UGS Unilak, PAUD ini dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika dan masyarakat sekitar Rumbai. Kedepannya Unilak terus berencana membuka unit usaha lainnya,” ujar Zamzami, Kamis 18 Maret 2021.

Zamzami berharap setiap fakultas di Unilak berinovasi membuka unit usaha. “Saya menghimbau kepada dosen dan karyawan untuk menitipkan anak ke Paud UGS,  jika terus berkembang tentunya terbuka untuk membuka SD. Tidak itu saja dengan adanya PAUD Terpadu ini semoga dapat meningkatkan akreditasi Program Studi PG PAUD FKIP dari B ke akreditasi A,” ujarnya.

Sementara, ditempat yang sama dekan FKIP Dr. Herlinawati dalam sambutanya mengatakan, niat  untuk mendirikan PAUD terpadu ini kedepanya akan menjadi Laboratorium schoolnya Unilak, semoga UGS bisa dikembangkan kedepannya, saat ini masih tempat penitipan anak, dan nanti akan bergerak  kepada Taman Kanak Kanak, sampai menjadi SD, SMP, dan SMA.

Dijelaskan Herlina, bahwasannya kenapa FKIP Unilak mendirikan PAUD UGS karena kebutuhan internal Unilak, saat ini dosen dan pegawai banyak usia produkitf yang memiliki anak, dan anak dosen atau pegawai bisa memanfaatkan tempat PAUD ini.

“Dengan adanya tempat penitipan anak didalam kampus Unilak ini, kita berharap Dosen dan pegawai bisa bekerja dengan tenang,” harap Dia.

Saat ini Prodi PG PAUD FKIP Unilak sangat mempuni, Program Studi PG PAUD Unilak menjadi satu satunya program studi PG PAUD di Riau yang berakreditasi B, harapannya dengan berdirinya ini bisa berkareditasi A. Beberapa dosen FKIP Unilak adalah asesor PAUD untuk Riau.

“Berdirinya PAUD ini telah diinisiasi sejak almarhum dekan FKIP pak dahler, semoga ini menjadi ladang amal beliau. ” Ujar Herlina.

Disebutkannya lagi, berdirinya PAUD UGS ini menjadi bukti bahwa FKIP Unilak terus berupaya meningkatkan SDM mahasiswa FKIP.

“Dengan lahirnya UGS bisa menjadi promosi bagi FKIP khususnya dan Unilak pada Umunya, berdirinya PAUD UGS ini sejalan dengan visi FKIP dan Visi Unilak,” ujar Herlina.

Saat peresmian PAUD turut hadir beberapa mitra Unilak diantaranya bank Riau Kepri dan ketua BAN PAUD Riau, Dian Masriah.

Ditemui usai peresmian PAUD UGS ia mengatakan sangat mendukung.
“Dari awal saya mengetahui proses pendirian ini, disini (Unilak) ada program studi PG PAUD, dan juga banyak dosen FKIP Unilak yang asesor, artinya mereka pakar-pakar yang mempuni dibidang PAUD, secara teori mereka sudah khatam, dan mereka tinggal mempraktekkan ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan di PAUD UGS ini,” ujar Dian.

Disebutkan Dian, dirinya mempunyai harapan besar atas hadirnya PAUD UGS Unilak, hendaknya bisa menjadi trendsetter bagi pendidikan anak usia dini khususnya di Riau.

“Kami mempunyai harapan besar UGS kita berharap bisa membumi masuk ke kancah nasional, untuk fasilitas saya lihat untuk perdana ini sudah luar biasa, seiring berjalan waktu saya yakin percaya ini bisa diterapkan. Ada dosen, ada mahasiswa yang bisa diaplikasikan ilmu disini,” ungkapnya.

Dengan bangunan seluas 12x 10 meter, PAUD UGS Terpadu memiliki fasilitas, sarana dan prasarana sangat nyaman, bersih dan memadai, diantaranya 2 kamar tidur AC, ruang anak bermain, dua toilet pria dan wanita yang dipisah, pantry (dapur), serta halaman bermain.

Tidak hanya itu, PAUD UGS Terpadu ini dalam memberikan pelayanan juga menerapkan protokol kesehatan, tersedia fasilitas mencuci tangan, pengukur suhu, dan staf pengajar merupakan lulusan sarjana PG PAUD FKIP Unilak. (rls)

Baca Juga

Lantik Kepala TK YLPI Perhentian Marpoyan, Nurman: TK YLPI Harus Bisa Jadi Pilihan Orangtua

Riaupintar.id — Mengambil tempat di Gedung YLPI Riau, Selasa 12 Januari 2021 pagi Ketua Umum …