Senin , 26 Oktober 2020

Wujudkan Mimpi di Unilak, Mahasiswa FIA Dinamis, Berintegritas dan Berkemajuan

Riaupintar.id — Dilaksanakan secara virtual (online) selama Dua hari 7-8 Oktober 2020, Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning (FIA Unilak) Pekanbaru mengadakan kegiatan Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru (Pamaba) Tahun Akademis 2020/2021.

Di hari pertama, Rektor Unilak Dr Junaidi, SS. MHum menyapa mahasiswa melalui video begitu pula dengan Ketua Badan Hukum Dan Etika (BHE) Irawan Harahap SH, MKn. Sementara untuk Pengenalan Sistem Akademik dan Blended Learning dilakukan secara langsung (live).

Di hari kedua, Rektor juga berkesempatan bergabung bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu H Abdul Haris SSos, MSi yang dari unsur alumni FIA Unilak.

Rektor Unilak dalam kesempatan ini menyatakan tema yang diangkat kali ini adalah “Mewujudkan Mimpi Di Kampus Pilihan”. Unilak katanya akan berkomitmen mewujudkan mimpi mahasiswa baru menjadi seorang sarjana yang dapat berkontribusi untuk kemajuan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Anda kini telah menjadi keluarga besar Universitas Lancang Kuning, anda telah memilih Unilak sebagai kampus untuk belajar, berbagi pengalaman, dan menimpa diri sehingga anda nanti dapat mewujudkan mimpi, impian dan cita-cita anda menjadi orang sukses. Ya, menjadi orang-orang sukses melalui Universitas Lancang Kuning,” demikian dikatakan Junaidi.

Untuk hari kedua dilakukan pemaparan fakultas tentang kondisi fakultas oleh Dekan Alexsander Yandra SIP MSi dan testimoni alumni dari Sekda Kabupaten Rokan Hulu H Abdul Haris SSos MSi. Dekan dalam kesempatan ini mengatakan selamat kepada para mahasiswa baru angkatan 2020/2021 atas keberhasilannya masuk di Fakultas Ilmu Administrasi Unilak.

“Kami menerima dengan hati yang suci, muka yang jernih dan pikiran yang terbuka. Kami percaya bahwa mahasiswa mahasiswi baru akan menggunakan kesempatan yang berharga ini untuk mengekslpolore pengetahuan dan berkarya secara maksimal baik dalam hal meningkatkan kemampuan akademik (skill) maupun dalam hal peningkatan non akademik (soft skill) . Kami berharap agar mahasiswa mahasiswi baru dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di Universitas Lancang Kuning. Pamaba tahun akademik 2020/2021 ini bertemakan dinamis, berintegritas dan berkemajuan,” jelas Alexsander.

Ini imbuhnya, mengartikan bahwa Fakultas Ilmu Admnistrasi Unilak adalah fakultas yang adaptif dengan perkembangan Ilmu pengetahuan, civitas akademika berpikiran bahwa ucapan dan tindakan serta merta selalu sama, serta berorientasi kepada kemajuan teknologi dan informasi. Dalam kondisi pandemic covid 19 ini Fakultas Ilmu Administrasi selalu siap untuk melayani sepenuh hati sebagaimana yang menjadi meaning dari Unilak.

Pada saat memasuki kampus imbuhnya, mahasiswa menjadi bagian dari sivitas akademika atau masyarakat ilmiah. Bersama para dosen serta sesama mahasiswa pihaknya akan saling berinteraksi, mengasah, mengasihi dan mengasuh untuk menemukan jati diri dan mengembangkan segala potensi diri. Empat atau lima tahun ke depan, akan sangat menentukan masa depan mahasiswa baru.

Mereka akan memiliki kawan-kawan baru yang terbawa sampai tua, bahkan mahasiswa ini akan memiliki gelar yang melekat sampai akhir hayat. Segudang pengalaman sebagai bekal menghadapi hari depan juga akan didapatkan selama kuliah di Universitas Lancing Kuning.

“Walaupun mahasiswa mahasiswi baru masuk ke FIA Unilak ini dengan berbagai latar belakang dan tujuan. Dan mungkin saja salah satu dari tujuan mahasiswa mahasiswi baru tersebut mengarah kepada kesejahteraan kehidupan pribadi atau keluarga yang lebih baik di masa depan. Namun disisi lain kami mengingatkan sebagai warga negara Indonesia, kita tentunya juga memiliki kewajiban bersama untuk mensejahterakan dan memajukan bangsa Indonesia. Agar kewajiban kita dapat dilaksanakan, kami berharap mahasiswa mahasiswi baru dapat bekerja secara kreatif, inovatif, produktif dan ikhlas, dengan baik dan sungguh-sungguh tanpa melanggar rambu-rambu dan norma ataupun aturan lainnya,” ajak Alexsander.

Negara kita katanya, membutuhkan para generasi yang solutif, bukan hanya para pembuat masalah. Ketika mahasiswa mahasiswi baru sudah duduk di bangku Universitas ini khususnya Fakultas Ilmu Administrasi kemampuan dalam problem solving perlu selalu ditingkatakan dengan berbagai situasi dan kondisi yang ada.

Sementara, H Abdul Haris SSos MSi menyatakan kuliah di FIA Unilak sangat bermanfaat dalam pengembangan karir dan pencapaian cita-cita. Apalagi kondisinya saat ini terus berbenah dengan melengkapi berbagai sarana dan prasarana.

“Kita Berharap yang baru bergabung bisa lebih berhasil dan lebih mampu, bisa mengarungi kehidupan. Sangat banyak ilmu yang di dapat di Fakultas Ilmu Adminisrasi, sehingga kita bisa lebih siap ditempatkan dimana saja. Lebih penting lagi bagaimana kita bangga dengan Fakultas Ilmu Administrasi, kita yang nomor satu, kita yang terbaik, jangan tanya lagi nomor berapa,” tegas Haris.

Di hari kedua ini juga dilakukan pengenalan kurikulum oleh Wakil Dekan I Khuriyatul Husna SSos MSi, pengendalan administrasi keuangan dan umum oleh Wakil Dekan II Sri Roserdevi Nasutioan SSos MSi, pengenalan kemahasiswaan, promosi dan alumni oleh Wakil Dekan III Sudaryanto MSi serta pengenalan program studi oleh Ketua Program Studi Administrasi Negara Harsini SSos MSi dan Sekretaris Irawati SSos MSi.

Kelembagaan mahasiswa yang terdiri atas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Kajian Islam (FKI), Sanggar Tari Tuah Bedelau dan Paduan Suara (Padus) GEMA FIA juga diberi kesempatan memaparkan perannya. (rls)

Baca Juga

Ka Humas: Ada Upaya Menyudutkan Nama UIR dalam Kasus Corona

Riaupintar.id — Kepala Humas dan Protokoler Universitas Islam Riau (UIR) Dr. H. Syafriadi, S.H., M.H …