Selasa , 22 September 2020

Wujudkan Pelayanan Prima, Tenaga Kependidikan Unilak Diberi Pelatihan

Riaupintar.id — Memiliki pelayanan yang baik, prima dan memiliki Standar Operational Prosedur (SOP) akan mampu meningkatkan kualitas, kepuasan dan citra dimasyarakat. Itulah yang menjadi komitmen Universitas Lancang Kuning (Unilak), untuk terus melakukan pembenahan dan peningkatan layanan kependidikan.

Menggandeng PT RAPP, Unilak menggelar peningkatan standarisasi pelayanan prima tenaga kependidikan yang diikuti oleh 100 pegawai Unilak dari berbagai unit kerja.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unilak Dr.Junaidi.S.S.M.Hum, sebagai narasumber yaitu tim dari communication corporate and event PT Rapp, Salomo Sitohang dan Eny Chairany, Jumat 10 Januari 2020.

Turut hadir kepala bidang kerjasama Unilak Dr .Bagio Kadaryanto, kepala Biro Jufrinata SH, jajaran wakil dekan dan dosen.

Rektor Unilak Dr.Junaidi S.S.M.Hum diawal sambutannya berterima kasih kepada PT RAPP yang telah bekerjasama selama ini, telah banyak kerjasama yang dilakukan seperti riset bagi dosen, beasiswa untuk mahasiswa Unilak, kerjasama dengan fakultas ilmu budaya, dan lainnya.

“Tim dari RAPP sudah sangat berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang baik dalam hal peningkatan pelayanan, dan kita bersyukur RAPP bersedia berbagi pengetahuan.Tidak itu saja, di bulan Februari nanti tim RAPP juga akan melatih mahasiswa Unilak dan securty tentang pemadam kebakaran hutan, artinya Unilak turut serta dalam siaga bencana kebakaran hutan dan lahan, karena dibutuhkan banyak relawan,sekali lagi terima kasih kepada RAPP,” ujar Rektor.

Di jelaskan Rektor, terkait dengan peningkatan mutu layanan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, (mahasiswa, dosen, orang tua, masyarakat dan instansi lainnya), ada beberapa unit yang harus di tingkatkan, dan ini harus dipelajari, perlu di refresh untuk meningkatkan excellent servis, bahkan nanti akan diadakan uji sertifikasi untuk karyawan Unilak bekerjasama dengan bnsp tentang pelayanan costumer servis.

Salomo Sitohang dalam materinya menjabarkan tentang sejarah singkat perusahaan RAPP, usai memberikan informasi singkat ia mengatakan bahwa di RAPP telah memiliki SOP pelayanan kepada stakeholder/instansi yang akan berkunjung.

Setiap hari RAPP dikunjungi oleh tamu tamu berbeda dari pemerintah, costumer, perusahaan, unsur perguruan tinggi dan lain lain, ada 150 orang, di RAPP sudah ada departemen khusus dan selalu berpatokan pada SOP untuk memberikan pelayanan.

“Di SOP itu di atur tata cara pelayanan, baik untuk tamu yang regular, VIP dan VVIP, Kemudian ada juga tamu yang biasa kami sebut working group. Semua level tamu itu tetap dilayani sesuai SOP dan ada tingkatannya,” jelasnya.

Sementara itu narasumber lainnya Eny Chairany lebih banyak menjabarkan tentang teknis pelayanan, seperti terkait cara berpenampilan, komunikasi, dan lain lain.

Dikatakannya karyawan dibagian depan (frontliner) adalah corong perusahaan/institusi yang selalu berhubungan ke stakeholder/partner. Dalam pelayanan sangat penting keramah-tamahan (hospitality) ini sangat penting karena adanya terjalin hubungan dan interaksi. Kemudian juga pentingnya kepedulian dan lainnya.

“Ketika kita ingin memberikan pelayanan maksimal kepada tamu atau stakeholder, coba posisikan diri kita sebagai mereka, sehingga kita menjadi tahu apa yang menjadi keinginan dari tamu atau penerima layanan,” ungkapnya. (rls)

Baca Juga

Dibuka Rektor Junaidi, Fekon Unilak Gelar Webinar Praktek Perubahan PSAK

Riaupintar.id — Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan praktek tentang perubahan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) …